Split-System: Sains Expo And Virtual Exhibition Dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains Implementasi Kurikulum Merdeka Guna Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Suara Mahasiswa/Split-System: Sains Expo And Virtual Exhibition Dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains Implementasi Kurikulum Merdeka Guna Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia

Tiara Dwi Wulandari

Pendidikan memegang peran penting dalam keberlangsungan hidup setiap individu. Pendidikan yang layak akan melahirkan generasi yang mampu menjalankan kehidupan dengan baik dan sejahtera. Akan tetapi, tingkat pendidikan di Indonesia masih belum berkualitas (Adha, et al., 2016). Berdasarkan data Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2021 sebanyak 31 juta jiwa (11,39%) belum taman SD, bahkan sebanyak 63,49 juta jiwa (23,32%) penduduk Indonesia tidak/belum sekolah (Kusnandar, 2021). Belum berkualitasnya pendidikan di Indonesia menunjukkan keadaan memprihatinkan di era abad 21 dan pesatnya Revolusi Industri 4.0 karena siswa akan dihadapkan dengan tantangan kehidupan. Padahal pendidikan menjadi salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (Safitri, et al., 2022).

Pendidikan bermutu merupakan 4 dari 17 tujuan diadakannya SDGs 2030 guna menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya SDGs di Indonesia mempunyai tantangan di bidang pendidikan, khususnya pembelajaran IPA. Oleh karena itu, penting adanya inovasi sistem pembelajaran berbasis teknologi sebagai upaya preventif mewujudkan pendidikan berkualitas (Fitri, 2021). Menghadapi kondisi ini menteri pendidikan nasional mengeluarkan kebijakan pemberlakuan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka dinilai adaptif dimana pembelajaran didukung dengan berbagai kegiatan seperti pameran IPA.

Expo atau exhibition yang berarti pameran banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan. Bahkan terdapat istilah virtual exhibition yang menjadi trend sejak pandemi (Ulva, et al., 2022). Pameran dapat dijadikan revolusi pendidikan untuk menunjang proses belajar. Kebebasan menjelajah di ruang pameran, baik secara virtual maupun dalam kehidupan nyata memberi kesempatan siswa memperluas pengetahuan tanpa batas secara mandiri dan mendorong rasa ingin tahu sehingga meningkatkan pengetahuan terkait materi IPA. Kearifan lokal di Indonesia sejatinya memiliki konsep sains yang kemudian dikenal dengan etnosains.

Etnosains berkaitan erat dengan budaya dan sains. Pembelajaran IPA berpendekatan etnosains memudahkan siswa memahami materi karena relevan dengan kehidupan di lingkungan sekitar (Putri, et al., 2022). Disamping itu, nilai luhur yang melekat pada budaya juga dapat mengedukasi siswa untuk bersikap dan berkarakter sesuai jati diri bangsa Indonesia. Berdasarkan uraian permasalahan diatas dapat dirangkum bahwa perlu adanya pengembangan Split-System melalui pembelajaran berbasis Sains Expo yang didukung dengan media Virtual Exhibition berpendekatan etnosains untuk mendukung Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran terintegrasi teknologi guna mendorong terciptanya sekolah penggerak dan pelajar pancasila melalui karakter cinta budaya siswa Indonesia di semua jenjang pendidikan.

Rancangan Pelaksanaan Sains Expo

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam dan kearifan lokal dari makanan khas, tarian, adat istiadat, pengobatan tradisional, dan budaya lainnya sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran berupa expo. Kegiatan expo memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan, diantaranya ruang literasi, ruang jelajah, dan ruang kreasi. Pada ruang literasi ini disediakan berbagai bacaan seperti buku, komik, poster, maupun bahan bacaan lainnya yang memuat materi IPA. Hal ini bertujuan agar siswa dapat belajar mengenai teori maupun konsep IPA dari berbagai sumber tidak hanya buku di sekolahnya sehingga wawasan IPA semakin banyak.

Selanjutnya ruang penjelajahan, ruang ini menampilkan bentuk pembelajaran berbantuan komponen etnosains secara nyata misalnya pada bioteknologi pangan dengan makanan khas daerah, penyajian materi mengenai jenis-jenis sendi menggunakan pendekatan tarian daerah sehingga membuat siswa lebih paham terkait materi IPA yang dipelajari dan mengetahui penerapannya secara nyata di kehidupan sehari-hari. Selain itu, dilengkapi dengan ruang kreasi. Kreasi yang dibuat siswa dapat bermacam-macam, misalnya inovasi kearifan lokal, poster, infografis, maupun bentuk kreasi lain sebagai sarana menjelaskan konsep IPA di dalamnya. Kegiatan ini untuk mendorong peningkatan pengalaman belajar siswa dan peningkatan karakte. Adapun desain tiga dimensi dari Sains Expo adalah sebagai berikut.

Gambar 1. Desain Ruang Literasi

Gambar 2. Desain Ruang Jelajah

Gambar 3. Desain Ruang Kreasi

Rancangan Pengembangan Virtual Exhibition

Virtual Exhibition merupakan ruang virtual yang akan dikembangkan dalam penerapan Split-System. Virtual Exhibition ini dapat diakses melalui website untuk memudahkan siswa belajar materi IPA berpendekatan etnosains secara online. Virtual exhibition memiliki tiga bagian, yaitu jelajah virtual, ruang belajar, dan virtual game dengan penjelasan sebagai berikut. Jelajah virtual merupakan salah satu bagian dalam Virtual Exhibition yang tertaut dengan website virtual exhibition berupa aula luas dengan berbagai materi IPA yang disampaikan dengan pendekatan etnosains. Siswa dapat belajar dengan mengamati, melakukan simulasi secara virtual, maupun memahami dari sumber bacaan.

Siswa juga dapat beraktivitas seperti di kehidupan nyata seperti berjalan, berbicara dengan siswa lain melalui fitur mikrofon, dan kegiatan lainnya. Misalnya pada pembelajaran materi bunyi, untuk mengajarkan konsep getaran dan bunyi maka menggunakan gamelan. Untuk memperjelas konsep atau teori dalam bagian ini juga dilengkapi dengan deskripsi penjelasan, video, pamflet, maupun yang lainnya. Selanjutnya terdapat ruang belajar untuk menjawab soal-soal terkait dengan materi IPA. Dengan demikian, dapat memudahkan siswa belajar materi IPA, menciptakan pembelajaran yang mandiri, dan meningkatkan kemampuan literasi digital siswa melalui pembelajaran berbasis teknologi. Virtual Exhibition juga dilengkapi dengan virtual games yang menyediakan permainan menarik sebagai refleksi dan evaluasi pengetahuan siswa.

Gambar 4. Desain website

Gambar 5. Desain Ruang Jelajah Virtual

Gambar 6. Desain Ruang Belajar

Gambar 7. Desain Virtual Game

Kerja Sama Pelaksana Gagasan

Daftar Pustaka

Adha, N. W., Situmorang, M., & Muchtar, Z., 2016. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Inovatif Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pengajaran Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), pp.169-177.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Kusnandar, V., B. (2021). Hanya 0,02% Penduduk Indonesia Berpendidikan Hingga S3 pada Juni 2021. Diakses pada 13 Maret 2023 pukul 08:53. URL https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/20/hanya-002-penduduk-indonesia-berpendidikan-hingga-s3-pada-juni-2021#:~:text=Secara%20rinci%2C%20penduduk%20yang%20berpendidikan,jiwa%20(23%2C82%25).

Putri, D. A. H., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Sains terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 103-108.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.

Ulva, A. F., Fhonna, R. P., Aidilof, H. A. K., Nur, M., & Zikri, M. (2022). Inovasi 3D Virtual Reality Exhibition dalam Konsep e-Marketplace untuk UMKM Binaan MUI Menggunakan Metode Occlusion Based Berbasis Web dan Mobile. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 174-182.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.