Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika Melalui Batik Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Gagasan/Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika Melalui Batik Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Detalia Noriza Munahefi, S.Pd., M.Pd.

Detalia Noriza Munahefi, S.Pd., M.Pd. adalah dosen muda di Jurusan Matematika FMIPA UNNES dengan mata kuliah pokok Program Linear, Etnomatematika, dan Geometri untuk Pendidikan Matematika. Saat ini beliau juga aktif di bidang kemahasiswaan sebagai Pendamping Bidang Karya Ilmiah Mahasiswa Jurusan Matematika. Alamat surat elektronik: detalia[a]mail.unnes.ac.id.

Pendidikan merupakan bidang penting dalam menentukan kualitas suatu bangsa. Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus menjadi bagian dari kurikulum sekolah. Kemampuan berpikir kreatif tidak hanya ditemukan dalam bidang tertentu seperti seni dan sains, melainkan juga terdapat dalam matematika. Matematika sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, serta kreatif. Shriki (2010) menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis di tingkat sekolah tidak mengharapkan karya kreatif yang luar biasa, namun dapat menawarkan wawasan baru ke dalam masalah matematika yang layak bagi siswa.

Strategi pembelajaran berbasis kreativitas dalam pendidikan matematika telah ditetapkan secara luas. Bahkan National Council of Teacher of Mathematic (NCTM) dan National Science Foundation bekerjasama menghasilkan kurikuler untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan perkembangannya, permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika semakin lama semakin rumit dan mengarahkan pada tujuan pendidikan di era kemajuan teknologi yang menuntut siswa menjadi kreatif. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran sangat diperlukan kemampuan pemahaman matematis dan cara berpikir yang kreatif agar mampu menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. pada pengajaran di sekolah, jarang sekali ada kegiatan yang menuntut pemikiran divergen atau berpikir kreatif sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku kreatif. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran diperlukan cara yang mendorong siswa untuk memahami masalah, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyusun rencana penyelesaian dan melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan sendiri penyelesaian masalah, serta mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator.

Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas (Culclasure et al., 2019). Proyek sebagai media dalam proses pembelajaran berbasis proyek untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. PjBL sebagai pembelajaran yang menenkankan pada aktivitas-aktivitas siswa untuk menghasilkan produk. Siswa melalui model ini akan berlatih merencanakan penyusunan proyek, melaksanakan kegiatan sesuai rencana, menampilkan dan melaporkan produk dari pelaksanaan proyek. Produk nyata yang dihasilkan melalui PjBL dipresentasikan oleh siswa sehingga PjBL mendorong keaktifan kemandirian, tanggung jawab, dan rasa percaya diri siswa. Selain itu proses penyusunan produk pada PjBL juga dapat memberikan pengalaman langsung serta menuntut pembelajaran yang tidak terbatas hanya sebagai pengetahuan belaka.

Proyek merupakan tugas yang tergolong kompleks dan menantang dengan melibatkan siswa pada kegiatan mendesain, memecahkan masalah, mengambil keputusan, maupun investigasi dalam periode waktu tertentu untuk menghasilkan produk. Produk hasil proyek dapat berupa barang atau jasa dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Produk yang dihasilkan pada pembelajaran berbasis masalah menjadi lebih bermakna jika berkaitan dengan sesuatu yang sudah sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Budaya sebagai salah satu kebiasaan yang tumbuh dan dikenal secara luas di dalam suatu masyarakat tertentu. PjBL dengan menghasilkan produk yang bernuansa budaya tentunya akan lebih memotivisi dan menarik bagi siswa. Etnomatematika sebagai suatu pendekatan yang mengimplemntasikan budaya pada pembelajaran matematika. Siswa melalui pembelajaran ini menjadi dapat memahami matematika dan tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit karena mempelajari yang dianggap abstrak. Batik dapat dijadikan salah satu alternatif penerapan PjBL bernuansa etnomatematika pada materi bangun datar. Siswa dapat mengimplemtasikan PjBL bernuansa etnomatematika melalui penyusunan proyek desain motif batik dengan mengunakan berbagai bentuk bangun datar. Selain itu, siswa dalam menyusun proyek desain motif batik diarahkan agar dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti canva, geogebra, atau aplikasi lainnya. Pengunaan aplikasi dalam penyusunan proyek tersebut diharapkan selain meningkatkan pemahaman siswa terhadap penerapan teknologi juga dapat mengeksplor kemampuan siswa agar dapat menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif.

Siswa melalui penerapan PjBL bernuansa etnomatematika pada desain motif batik diharapkan dapat mencapai seluruh aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif matematis. Aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif matematis terdiri atas kelancaran, fleksibilitas, orginalitas, dan elaborasi. Kelancaran yakni siswa dapat menyebutkan beberapa solusi dari suatu masalah dimana pada pembelajara ini siswa dapat mengkombinasikan beragam bentuk dan ukuran bangun datar pada penyusunan proyek desain motif batik. Fleksibilitas yakni siswa dapat menyelesaikan masalah dengan beberapa strategi atau pendekatan yang tepat dimana pada pembelajaran ini dapat dilihat dari siswa dapat membuat desain motif batik dengan berbagai aplikasi. Orisinalitas yakni siswa dapat memberikan solusi yang unik dimana pada pembelajaran ini dapat dilihat dari keunikan desain motif batik yang siswa buat sangat berbeda dengan siswa yang lain namun tanpa meninggalkan unsur matematis pada desain tersebut. Elaborasi yakni siswa dapat menyelesaikan masalah secara terperinci, runtut, dan koheren dimana pada pembelajaran ini terlihat dari kecapakan siswa dalam menjelaskan secara detail unsur-unsur dan sifat-sifat bangun datar yang terdapat pada desain motif batik yang dibuat.

Daftar Pustaka

Culclasure, B. T., Longest, K. C., & Terry, T. M. (2019). Project-based learning (Pjbl) in three southeastern public schools: Academic, behavioral, and social-emotional outcomes. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning13(2), 5.

Munahefi, D. N., Zahid, M. Z., Syaharani, E. A., & Fariz, R. (2021, June). Analysis of mathematical creative thinking test instruments on open-ended problems with ethnomatematic nuances. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042060). IOP Publishing.

Shriki, A. (2010). Working like real mathematicians: Developing prospective teachers’ awareness of mathematical creativity through generating new concepts. Educational Studies in Mathematics73(2), 159-179.

Related Posts

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.