Unnes Targetkan Kirim 500 Mahasiswa ke Luar Negeri

Kamis, 10 Januari 2019 | 11:23 WIB


Unnes Targetkan Kirim 500 Mahasiswa ke Luar Negeri

Sebanyak 500 mahasiswa Universitas Negeri semarang (UNNES) akan dikirim ke ke luar negeri selama tahun 2019. Itu dilakukan agar mahasiswa memiliki pengalaman global yang diperlukan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Untuk mewujudkan itu, UNNES telah menyiapkan berbagai skema. Selain melanjutkan PPL, PKL, dan KKL Antarbangsa yang telah berjalan, Universitas Berwawasan Konservasi juga akan melakukan pertukaran mahasiswa.

Selain itu, mobilitas internasional juga difasilitasi melalui skema transfer kredit, joint degree, double degree, dan delegasi dalam konferensi dan kompetisi.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan, pengalaman akademik internasional sangat penting bagi mahasiswa. Sebab, mahasiswa Unnes dipersiapkan menjadi warga dunia.

Setelah lulus mereka diharap memiliki bekal memadai memasuki dunia kerja internasional.

“Pengalaman hidup dan berinteraksi di luar negeri sangat berguna. Wawasan mereka akan semakin terbuka juga semakin termotivasi untuk berprestasi,” katanya.

Program itu telah dimulai. Salah satunya, mengirim 23 mahasiswa mengikuti PELTAC di Malaysia. Universitas berwawasan konservasi ini juga mengirim 4 mahasiswa mengikuti EDMAT, juga ke negeri jiran tersebut.

Dalam catatan kampus, pada 2018 lalu lebih dari 300 mahasiswa telah dikirim ke berbagai negara. Pada Juli lalu, misalnya, 56 mahasiswa dikirim PPL ke sembilan negara, yaitu Perancis, Belgia, Nepal, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Agar dapat mengikuti program ini, mahasiswa diharapkan memantau pengumuman. Baik pengumuman yang disampaikan universitas, fakultas, maupun program studi.

Selain itu, mahasiswa juga disarankan meningkatkan kecakapan akademik. Mereka diharapkan terus meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan menulis paper.

Lebih lanjut disampaikan, pengiriman mahasiswa ke luar negeri adalah bagian dari usaha meningkatkan prestasi mahasiswa. Selain pengiriman ke luar negeri, Unnes juga menarget melahirkan 400 mahasiswa pengusaha.

Kedua program itu menjadi bagian dari sembilan target strategis (nawa target) yang disusun Unnes mempersiapkan diri menjadi PTN BH.

Selain mengirimkan mahasiswa, Fathur juga akan memfasilitasi dosen mengikuti kegiatan akademik ke luar negeri. Para dosen didorong mengikuti konferensi, kolaborasi penelitian, menerbitkan buku, dan mengikuti seminar di luar negeri.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 235 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X