UNNES Raih 5 Besar Edukasi Pembelajaran Kebanksentralan

Jumat, 20 April 2018 | 18:20 WIB


UNNES Raih 5 Besar Edukasi Pembelajaran Kebanksentralan

Bank Indonesia mengadakan Workshop SPEKTRO (Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online) bersama Training of Trainer (TOT) Kebanksentralan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu hingga Jumat (18-20/4).

Kegiatan ini diikuti oleh 73 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang memiliki (Momerandum of Understanding) MoU dengan Bank Indonesia (BI).

Kegiatan rutin tahunan ini terdiri dari beberapa acara. Hari pertama, diadakan Workshop Spektro yang memperkenalkan situs baru dan mensosialisasikan lomba BI CKC (Campus Knowledge Competition) 2018 yang bertemakan “Peran Inovasi Teknologi dalam Meningkatkan Daya Saing Perekonomian Daerah”.

Hari kedua, BI memberikan wacana tata cara penulisan jurnal internasional dan memberi kesempatan peserta untuk mengajukan artikelnya kepada pihak BI.

Pada hari ketiga, diadakan TOT Kebanksentralan mengenai isu-isu moneter terkini, ekonomi keuangan syariah dan pengembangan sistem pembayaran, national payment gateway, serta ekonomi digital dan Fintech (Financial Technology).

Kegiatan yang merupakan wujud pelaksanaan MoU UNNES dengan BI ini, selalu menggunakan fitur SPEKTRO yaitu situs pengelolaan edukasi kebanksentralan secara online.

Pada pelaksanaan SPEKTRO tahun 2018, UNNES terpilih menjadi 5 besar peserta teraktif yang terus melakukan edukasi pembelajaran kebanksentralan secara online. 5 Besar tersebut antara lain, UNNES, Unsoed, UM, UII Yogyakarta, dan Universitas Trisakti Jakarta.

Dosen pengampu mata kuliah kebanksentralan jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Dr Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti dan Phany Ineke SE MSi merupakan perwakilan dari UNNES.

Kerja sama dengan BI ini diharapkan dapat mendorong pembaruan informasi, membuka wacana mahasiswa terhadap isu ekonomi terkini, serta sebagai sarana mahasiswa untuk bekerja di dunia perbankan maupun BI.

(Abd. Aziz dan Maulida Fitra Z – Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 202 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X