TOMADEN Sentuhan Teknologi Informasi Toga di Patemon

Rabu, 19 September 2018 | 14:43 WIB


TOMADEN Sentuhan Teknologi Informasi Toga di Patemon

Kelurahan Patemon di kecamatan Gunungpati kota Semarang menetapkan diri sebagai kampung tematik wisata embung.

Dalam rangka mendukung program tersebut Tim LP2M UNNES terdiri dari  Dr Aditya Marianti MSi, Muhammad Abdullah MSc dan Octavianti Paramita MSc melaksanakan hibah KKN PPM dengan dana DRPM Kemenristekdikti yang melibatkan 27 orang mahasiswa dari berbagai program studi di UNNES.

Salah satu atraksi wisata yang dikembangkan mahasiswa KKN PPM UNNES di kelurahan Patemon adalah eduwisata  Taman Obat Keluarga (TOGA) yang terdapat di area kantor kelurahan Patemon.

Taman Toga ini menyajikan kurang lebih 25 jenis koleksi tanaman obat dari berbagai species. Antara lain Kumis kucing, cakar ayam, kelor, sirsak, sambung nyawa, jahe merah, jinten, kencur, kunyit, adas dan sebagainya.  
Untuk memberikan efek edukasi bagi pengunjung pada setiap tanaman obat diberikan papan nama tanaman obat yang memuat nama daerah tanaman obat.

Untuk mengetahui nama ilmiah dan manfaat tanaman obat tersebut dapat dilihat dengan memindai QR code yang terdapat di papan nama dengan menggunakan smartphone. Adapun aplikasi yang harus diunduh sebelum bisa memindai barkot bernama TOMADEN (TOGA Smart Garden).

Aplikasi dapat diunduh melalui http://bit.ly/tomaden kemudian di instal di smartphone. Aplikasi ini dikembangkan oleh mahasiswa KKN PPM UNNES prodi Ilmu Komputer. Aplikasi berbasis mobile ini diciptakan dengan menerapkan QR Code dalam mengidentifikasi informasi tanaman.  

Aplikasi TOMADEN ini merupakan inovasi baru sebagai pendukung desa wisata embung patemon. Aplikasi ini, dapat digunakan oleh wisatawan untuk memperoleh informasi lebih jauh tentang tanaman obat.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 269 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X