Tim PKM UNNES Latih Siswa Difabel Netra dan Low Vision Operasikan Komputer

Minggu, 15 Juli 2018 | 12:19 WIB


Tim PKM UNNES Latih Siswa Difabel Netra dan Low Vision Operasikan Komputer

Pada era modern saat ini, pengoperasian komputer menjadi hal yang penting untuk dipelajari oleh siswa. Namun, hal ini masih masih menjadi hal yang sulit dipelajari oleh siswa difabel netra.

Latar belakang tersebutlah, yang menginisiasi tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan pelatihan pengoperasian komputer bagi siswa difabel netra dan low vision.

Tim yang diketuai oleh Anang, mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan ini melatih beberapa siswa difabel netra dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Bakti Ungaran.

Pelatihan tersebut diawali dengan pengenalan letak huruf pada keyboard sampai belajar menuliskan kata demi kata. Sepanjang pelatihan, teramati perkembangan pesat salah satu siswa yang dilatih.

“Sherly anaknya cerdas, mudah ingat. Saya saja masih lupa huruf braille seperti apa tetapi Sherly mengingat betul jumlah titik timbulnya ada berapa lalu letak huruf di keyboard sebelah mana. Saya benar-benar salut!,” ungkap Rofiqoh, anggota tim PKM.

Pelatihan ini pun mendapat respon positif dari orangtua siswa, mereka merasa sangat senang mengetahui anaknya bisa belajar komputer khususnya mengetik.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung sejak Mei sampai dengan Juli, tidak ditemukan kendala berarti. Seusai rangkaian kegiatan ini, diharapkan pelatihan tetap berlanjut dan menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tempat tim PKM UNNES mengabdi.

Dwi H. & Annisa AI. (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 248 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X