Sesdirjen Kelembagaan, Iptek dan Dikti Dorong UNNES Hilirisasi Riset

Minggu, 16 Desember 2018 | 9:27 WIB


Sesdirjen Kelembagaan, Iptek dan Dikti Dorong UNNES Hilirisasi Riset

Untuk mendorong Universitas Negeri Semarang (UNNES) menuju universitas otonomi, pimpinan UNNES disemester 2 tahun 2018 menguatkan koordinasi melalui rapat pimpinan di Bandung Sabtu-Minggu (15-16/12).

Hadir dalam acara ini perwakilan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Sesdirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Dr Ir Agus Indarjo MPil.

Dalam kesempatan ini Dr Agus menyampaikan, capaian UNNES di tahun 2018 sudah mengalami peningkatan yang cukup siknifikan.

Ia menambahkan, di era industri 4.0 UNNES paling tidak harus meningkatkan hasil penelitian hendaknya jangan sekadar dalam bentuk laporan, tetapi dalam hilirisasi riset sehingga dapat meningkatkan pendapan perguruan tinggi.

Dr Agus Indarjo menyebutkan, penguatan kelembagaan iptek diarahkan dalam bentuk kemampuan memberikan sumbangan nyata bagi daya saing sektor produksi, keberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya alam, penyiapan masyarakat Indonesia dalam menyongsong kegiatan global yang maju dan modern, serta ketersediaan faktor yang diperlukan seperti SDM, sarana prasarana, dan kelembagaan iptek.

Dalam kegiatan ini seluruh pimpinan Fakultas, unit, dan bidang yang ada di UNNES termasuk Wakil Rektor dan Dekan menyampaikan presentasi untuk mempertanggungjawabkan capaian kinerja di tahun 2018 dan menyampaikan rencana kerja tahun 2019.

Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, pada sambutan pembukaan rapat menyampaikan bahwa saat ini pejabat harus mampu merealisasikan kinerja. Tidak boleh ada kegiatan unit yang tidak ada korelasinya dengan target yang telah ditentukan. Ini berlaku untuk semua unit di UNNES.

Rektor menekankan pentingnya peningkatan peringkat UNNES melalui peningkatan kinerja diberbagai bidang. Pemeringkatan semester 2 ini dapat digunakan untuk merefleksi diri.

Lebih lanjut, peningkatan prestasi mahasiswa dan dosen di dalam peningkatan keunggulan perguruan tinggi yang otonom dan mempunyai reputasi internasional.

Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) UNNES mendapatkan penilaian sebagai fakultas dengan peringkat capaian kegiatan semester 2 yang terbaik menurut  penilaian Badan Penjaminan Mutu (BPM).

Secara berurutan, peringkat penilaian kinerja fakultas adalah sebagai berikut:

Penilaian Bidang Akadfemik

1. FMIPA

2. FT

3. FE

Penilaian Bidang Kemahasiswaan

1. FE

2. FIS

3. FT

Penilaian Bidang Sumber Daya Manusia

1. FMIPA

2. FBS

3. FIP

Penilaian Bidang Kerjasama

1. FIK

2. FIS

3. FH

Penilaian Bidang Umum

1. FMIPA

2. FT

3. FE

Penilaian Kinerja Non Fakultas

1. LP3

2. LP2

3. Badan Pengembang Bisnis


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 355 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X