Rektor UNNES Paparkan Revitalisasi LPTK di Finlandia

Jumat, 4 Mei 2018 | 14:27 WIB


Rektor UNNES Paparkan Revitalisasi LPTK di Finlandia

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., menjadi bagian dari delegasi Kemenristekdikti dalam kunjungan resmi Indonesia ke Finlandia. Kunjungan ke Finlandia kali ini memiliki tujuan utama yaitu berbagi praktik baik LPTK dengan Universitas Turku. Universitas Turku adalah salah satu universitas terbaik dunia menurut QS World University Ranking terutama pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, layak jika Universitas Turku menjadi rujukan utama universitas Indonesia pada kunjungan resmi tanggal 3-4 Mei 2018 ini.

Tidak semua pimpinan universitas di Indonesia mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan Kemenristekdikti yang diwakili oleh Prof. Dr. Intan Ahmad Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan disertai oleh pimpinan UNNES, UPI, UNY, UNSYIAH, dan UBINUS.

Pada kesempatan ini, Rektor UNNES mempresentasikan upaya revitalisasi LPTK untuk menghasilkan guru yang berkualitas dan berkarakter. Praktik terbaik yang ada di UNNES dirangkum dalam sebuah presentasi yang apik dan diapresiasi oleh tuan rumah dan peserta kunjungan. Rektor Universitas Turku Vesa Taatila mengimbangi presentasi tersebut dengan menyampaikan inovasi pedagogis yang ada pada sistem pendidikan Finlandia.

Rektor UNNES menyampaikan bahwa banyak hal yang dapat diadopsi dan dimodifikasi oleh perguruan tinggi LPTK yang ada di Indonesia. Terkait dengan disrupsi, LPTK di Indonesia perlu juga mengembangkan dan menerapkan machine learning untuk mendampingi proses pendidikan dan penilaian. Rektor menegaskan bahwa UNNES mampu menerapkan praktik-praktik baik yang ada di Finlandia dengan tetap memperhatikan kekhasan karakter bangsa melului wawasan konservasi.


DIUNGGAH : Hendi Pratama Dibaca : 415 kali
EDITOR : Hendi Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X