PKMM-TP PIPS, Sarana Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Kritis, Aktif, dan Berprestasi

Minggu, 30 September 2018 | 9:58 WIB


PKMM-TP PIPS, Sarana Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Kritis, Aktif, dan Berprestasi

Kepemimpinan adalah seni memengaruhi orang lain untuk ikut serta dan terlibat sesuai dengan pemikiran kita. Hal tersebut sesuai dengan konsep tentang kepemimpinan bertumbuh yang diinisiasi oleh Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Demikianlah kata pembuka yang disampaikan oleh keynote speaker, Ajudan Rektor UNNES Rudi Salam MPd kepada mahasiswa baru PIPS 2018 yang sekaligus merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Prodi (PKMM-TP) Pendidikan IPS, Sabtu (29/9).

“Sesuai buku kepemimpinan bertumbuh karya Rektor UNNES, kepemimpinan bertumbuh itu bagaikan sebuah pohon yang menumbuhkan bibit kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan, dan merangkai jejaring kepemimpinan. Kedepan, pohon yang kuat menghadapi badai akan menyemai tunas kepemimpinan baru untuk kemajuan bangsa dan negara,” jelas Rudi dalam kegiatan yang bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Teknik (FT) tersebut.

Saat ini, imbuh Dosen PIPS tersebut, kita tengah mengalami krisis kepemimpinan, maka melalui pelatihan seperti inilah peserta diharapkan mampu menjadi figur pemimpin dengan tauladan yang baik dan mampu memberi solusi bagi setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

 

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan 

Selain Rudi Salam MPd, PKMM-TP kali ini juga dihadiri oleh dosen program studi PIPS dan tiga narasumber lainnya. Mereka adalah Ilham Fatahilah (Ketua Hima Pendidikan IPS 2017), Elvan Ardi (Ketua DPM KM 2018) dan Dwi Hermawan (Mahasiswa Berprestasi I FIS 2018).

Wakil ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) PIPS Syarifah Niken menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk memberikan gambaran mahasiswa yang ideal kepada mahasiswa baru PIPS 2018.

“Kami mengusung tema Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Pendidikan IPS yang Kritis, Aktif, dan Berprestasi dalam PKMM-TP kali ini. Tentunya, setelah mengikuti pelatihan, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan, baik oleh keynote speaker maupun pemateri,” harap mahasiswa PIPS angkatan tahun 2016 tersebut.

Kegiatan berjalan dengan sukses yang diikuti oleh antusiasme peserta pelatihan. Sebagai informasi, PKMM-TP tahun ini merupakan kegiatan kali kedua yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) PIPS.

 

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 446 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X