Pesawat Robotika UNNES Siap Mengudara di Lampung

Kamis, 8 November 2018 | 11:33 WIB


Pesawat Robotika UNNES Siap Mengudara di Lampung

Robotika UNNES mengirimkan dua tim untuk berlaga dalam KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) 2018 di Kota Baru, Lampung. Dua tim yang berlaga dalam KRTI 2018 adalah ‘Mohinder’ untuk divisi Fixed Wing yang beranggotakan Septiandi Budi Triantino, Nur Rohim, dan Ahmad Ridho, serta ‘Sayakabrata’ untuk divisi Racing Plane yang beranggotakan Rifki Lukman Satria, Muchammad Rofiq Fajar Setiawan, Panji Bagas Prakoso.

‘Mohinder’ didesain khusus untuk melakukan pemantauan dan pemetaan area melalui udara. Fungsi utama dari robot terbang ini adalah untuk mengambil gambar dan video (live & record). Robot harus mampu terbang secara autonomous sesuai dengan area & track yang telah ditentukan. 

Setelah menampilkan data realtime yang dapat di-monitoring dari ground segment, hasil pengambilan gambar selanjutnya akan digunakan sebagai bahan untuk membuat  mapping area yang telah dilalui robot tersebut. 

Pada kompetisi ini setiap tim dari divisi fixed wing diberi kesempatan sekitar 60 menit untuk menyelesaikan suatu misi di lapangan

Sedangkan ‘Sayakabrata’ robot yang didesain untuk terbang autonomous secara cepat dalam jalur yang telah ditentukan (Fast and On Track). 

Sayakabrata yang berarti ‘panah petir’ yang diharapkan dapat menyelesaikan misi, meluncur, dan melesat layaknya petir.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 193 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X