Pengajian Ahad Pahing, Tingkatkan Amal Soleh di Bulan Syakban

Senin, 23 April 2018 | 8:35 WIB


Pengajian Ahad Pahing, Tingkatkan Amal Soleh di Bulan Syakban

Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan pengajian rutin ahad pahing di Rumah Dinas Rektor, Jalan Kelud Raya, Minggu (22/04) malam. Serangkaian kegiatan diantaranya sambutan Rektor UNNES, tausiah pembuka Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dan pengajian inti oleh Gus Lukman dari Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum  mengatakan, “Alhamdulillah kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk bertatap muka. Apalagi kemarin diadakan khotmil quran dalam rangka Dies Natalis UNNES ke-53. Mudah-mudahan kita selalu istikamah untuk menghatamkan Alquran,” ujar Profesor Sosiolinguistik itu.

Dekan FIS Drs Moh Solehatul Mustofa MA saat mengisi tausiah pembuka menyampaikan tentang kepedulian sosial, yang terlihat sederhana namun sulit dilakukan.

“Manusia memiliki tahapan-tahapan kehidupan. Kadang berjaya kadang terpuruk, membentuk suatu siklus yang fluktuatif. Oleh karena itu manusia tidak boleh merasa dirinya hebat, apalagi sampai mencerca kekurangan orang lain. Justru kelemahan orang lain adalah ladang amal bagi kita untuk berbuat baik dan saling tolong menolong, itulah kepedulian.”

Gus Lukman pengisi tausiah utama mengingatkan tentang keutamaan Bulan Syakban. Bulan yang baik dan membawa banyak berkah, apalagi pada Malam Nisfu Syakban.

Malam Nisfu Syakban menempati peringkat kedua malam penuh berkah, setelah Malam Lailatul Qadr. Datang di tanggal 15 atau 1 Mei 2018 pada penanggalan masehi. Ketika Malam Nisfu Syakban, para malaikat memanggil manusia-manusia menyeru untuk beribadah, meminta ampunan, berdzikir dan bersujud kepada Allah. 

Nida MR (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 283 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X