Pascasarjana UNNES Siapkan Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

Minggu, 28 Oktober 2018 | 6:56 WIB


Pascasarjana UNNES Siapkan Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pascasarjana Univeritas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan Seminar nasional “Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan pada era Disrupstif” di Aula Pascasarjana Univesitas Negeri Semarang (UNNES), Sabtu (27/10).

Salah satu tujuan seminar ini adalah menyiapkan mahasiswa untuk menhadapi perubahan teknologi secara ekstensif dan cepat ditengah begitu dinamisnya masyarakat di era disrupsi digital harus dipersiapkan masyarakat dengan kemampuan literasi baru. Oleh karena itu membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan kemampuan teknis saja. Pendidikan di Indonesia  sedang mengalami tantangan era revolusi industri 4.0. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia sebagaimana revolusi merupakan perubahan yang revolusioner dari penggunaan sistem manual ke otomastis.

Saat menyampaikan paparan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, bagaimana mempersiapkan dosen era revolusi industri 4.0. Ciri dosen yang siap menghadapi era ini adalah dosen yang mempunyai kompetensi inti keilmuan (Core Competencies) yang kuat.

Dosen sebagai profesi semakin kompetitif yang harus mempunyai peran. Peran itu antara lain penebar passion dan menginspirasi mahasiswa, bisa menjadi teman bagi mahasiswa, mempunyai teladan karakter.

Senada dengan Rektor UNNES, Direktur Pascasarjana UNNES Prof Dr Achmad Slamet MSi mengungkapkan, Pascasarjana UNNES harus mampu menyiapkan lulusan pascasarjana guna menghadapi revolusi industri 4.0.

Tantangan di era ini cukup besar salah satunya adalah masuknya perguruan tinggi luar negeri, Saya berharap dengan seminar dengan pembicara direktur Pascasarjana UNIMED, UNP, UNDIKSA, UNM, UNNES, UNESA ini mampu memberikan pencerahan mahasiswa Pascasarjana guna menghadapi tantang kedepan.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 306 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X