Maksimalkan Desa Wisata, Mahasiswa KKN UNNES Dirikan Penerangan Tenaga Surya

Kamis, 15 November 2018 | 10:59 WIB


Maksimalkan Desa Wisata, Mahasiswa KKN UNNES Dirikan Penerangan Tenaga Surya
HUMAS/DOK

Untuk memaksimalkan potensi unggulan Desa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Dusun Cemanggal, Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang mendirikan Penerangan Tenaga Surya.

Koordinator Mahasiswa KKN Desa Munding Ardi Nur Rokhman melaporkan, di Dusun Cemanggal, Desa Munding ini mempunyai potensi unggulan yang bagus yakni “Wisata Pertanian atau Curug Tirtowening”.

Namun, penerangan jalan utama yang sudah ada menuju wisata Curug Tirtowening belum memadai, untuk memaksimalkan potensi unggulan desa tersebut mahasiswa KKN dengan warga setempat mendirikan   penerangan tenaga surya, Rabu, 14 November 2018.

Kepala Desa Munding Romdoniyatun menyampaikan, saya merasa bangga mahasiswa KKN UNNES bekerjasama dengan warga mendirikan penerangan tenaga surya untuk penerangan jalan utama di Desa Munding. Memang selama ini sudah ada penerangan jalannya namun belum maksimal.

Romdoniyatun berharap, dengan didirikannya penerangan tenaga surya ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan warga maupun wisatawan yang melintas untuk berkunjung ke wisata Curug Tirtowening terutama pada malam hari yang menghubungkan Desa Munding dengan Dusun Cemanggal.

Burhan Rubai Wijaya, Dosen Pendamping Lapangan KKN menyampaikan, penerangan tenaga surya ini dibuat bertujuan untuk memperbaiki infra struktur menuju cita-cita Desa Munding sebagai desa wisata.

Mahasiswa KKN bekerja sama dengan warga mendirikan panel surya dan komponen penerangan jalan ini dilakukan selama dua minggu. Panel surya ini mampu menyuplai delapan lampu penerangan jalan,  terdiri atas enam penerangan di jalan utama dan dua penerangan di jalan masuk ke arah Curug Tirtowening.

Saru Wadi, salah satu warga Cemanggal mengapresiasi karya mahasiswa KKN itu dan merasa sangat bangga dapat bekerja sama dengan mahasiswa KKN dari UNNES untuk memajukan desanya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 453 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X