Mahasiswa UNNES, Dukung Gerakan Literasi Sekolah

Kamis, 5 Juli 2018 | 7:25 WIB


Mahasiswa UNNES, Dukung Gerakan Literasi Sekolah

Lima mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berinisiatif menggelar pelatihan instagram book – review (Booktagram) sebagai salah satu wujud pendukung gerakan literasi sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Ambarawa, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. 

Mereka adalah Nurlaili Irias Putri (FBS), Rahmatika Rizqi Utami (FBS), Rahman Saleh Alfarisi (FBS), Fahrudin Bustomi (FBS), dan Ardian Yogi Tri Prasetyo (FMIPA) di bawah bimbingan Santi Pratiwi Tri Utami SPd MPd.

Inisiatif itu mereka ambil untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam melaksaakan GLS dan Booktagram sebagai inovasi implementatif pendukung GLS. Latihan dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada April hingga Mei 2018. Setelah proses latihan dijalankan mereka menyiapkan sayembara penulisan book-review like terbanyak pada akun @pkmmbooktagram.

Ketua tim, Nurlaili, menuturkan bahwa pelaksanaan pelatihan ini diinisiasi karena Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa belum ada tindak lanjut. Selain itu, belum ada pula pemanfaatan instagram padahal begitu dekat dengan keseharian peserta didik. Pelatihan yang telah diselenggarakan diharapkan membuat peserta didik mendukung GLS secara maksimal dan  memanfaatkan media sosial terutama instagram dengan bijak.

“Peserta didik SMA Negeri 1 Ambarawa Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang menjadi mitra tim PKM-M ini. Kegiatan dilakukan pada setiap hari Senin dan Selasa pagi,” kata Putri.

Inisiatif ini diapresiasi oleh para guru bahasa Indonesia, termasuk Kepala SMA Negeri 1 Ambarawa, Drs Hendro Saptanto. Menurutnya, pelatihan ini akan berdampak positif karena dapat mengarahkan peserta didik untuk lebih berminat melaksanakan GLS dengan memanfaatkan media sosial instagram.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 291 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X