Kembali, UNNES Gandeng Tiga Perguruan Tinggi Laksanakan Program Magang Hibah Asuh Menuju Prodi Unggul

Selasa, 10 Juli 2018 | 15:22 WIB


Kembali, UNNES Gandeng Tiga Perguruan Tinggi Laksanakan Program Magang Hibah Asuh Menuju Prodi Unggul
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali dipercaya oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa)  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan pendampingan kepada tiga perguruan tinggi dalam Program Magang Hibah Asuh Menuju Program studi  Unggul.

Ketua Badang Penjaminan Mutu (BPM) UNNES Agung Yulianto SPd MSi saat membuka kegiatan menyampaikan, pelaksanaan program magang hibah asuh menuju prodi unggul perguruan tinggi ini merupakan yang kedua kalinya 2017 lalu, dan 2018 ini selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (10-12/7) di Ruang Rapat BPM Gedung Prof Dr Retno Sriningsih (LP2M) kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

Kali ini tiga perguruan tinggi yang diasuh yakni Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (4 orang), Universitas PGRI Palembang (6 orang), dan Universitas Pandanaran Semarang (4 orang).

Agung Yulianto menjelaskan, program magang hibah asuh merupakan program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan budaya mutu serta meningkatkan mutu prodi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada perguruan tinggi yang dilaksanakan dengan program pengasuhan oleh perguruan tinggi unggulan.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait penjaminan mutu oganisasi & praktik, serta melakukan proses observasi dengan melihat secara langsung praktik penjaminan mutu di UNNES”ujar Dosen Fakultas Ekonomi tersebut.

Kegiatan hari pertama diawali dengan materi sistem penjaminan mutu di UNNES oleh Agung Yulianto SPd Msi, dilanjutkan materi sistem penjaminan mutu internal oleh Kepala Pusat Penjamin Mutu Internal (PPMI) Badingatus Solikhah SE MSi Akt CA dan Noorochmat Isdaryanto SS MSi. Materi ketiga terkait sistem penjaminan mutu eksternal diisi oleh Dra Diah Vitri Widayanti DEA dan Rahayu Fery Anitasari SH MKn, materi keempat penataan PD-Dikti diisi oleh Dony Hidayat Al-Janan ST MT PhD, Eram Tunggul Pawenang SKM MKes.

Pada hari kedua materi Sistem Informasi Pendukung Penjaminan Mutu  oleh Mona Subagja SPd dari UPT TIK,  Audit Mutu Internal (Materi dan Praktek) oleh Badingatus Solikhah SE MSi Akt CA, Dra Diah Vitri Widayanti DEA, Dony Hidayat Al-Janan ST MT PhD,  Noorochmat Isdaryanto SS MSi, Rahayu Fery Anitasari SH MKn, dan Eram Tunggul Pawenang SKM MKes.

Hari ketiga materi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UNNES oleh Ketua LP2M Dr Suwito Eko Pramono MPd, Review Borang Akreditasi Prodi (Universitas PGRI Palembang dan Universitas NU Kalimantan Barat).

Setelah mengikuti program ini, diharapkan para peserta mendapatkan gambaran yang jelas terkait penjaminan mutu, sehingga dapat diterapkan ke dalam penjaminan mutu di perguruan tinggi masing-masing.

 

NidaMR (Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 349 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X