Gelar Student Conference, Psikologi UNNES Tingkatkan Publikasi Ilmiah

Selasa, 17 Juli 2018 | 13:47 WIB


Gelar Student Conference, Psikologi UNNES Tingkatkan Publikasi Ilmiah

Pada hari Rabu, 26 Juli 2018, berlangsung student conference di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mengusung nama The 1st Academic Conference of Psychological Issues (ACPI 2018), konferensi tersebut difokuskan pada tema besar “On Social Psychology of Education” dengan ekstensi sub-topik pada psikologi media, psikologi politik, psikologi indigenous, psikologi lintas budaya, psikologi forensik, hingga psikologi lingkungan.

Tampil dalam konferensi tersebut adalah para mahasiswa yang mempresentasikan hasil riset masing-masing. Di antaranya adalah Atikah. Mahasiswa psikologi Unnes angkatan 2015 tersebut mempresentasikan artikel tentang “Social comparison pada Instagram users di kalangan mahasiswa”. Riset lain yang juga menarik misalnya “Faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan mahasiswa yang” di investigasi oleh Anis Tiharoh. Dan masih banyak lagi topik lainnya.

Nuke Martiarini, S.Psi., M.A., dosen mata kuliah Isu-isu psikologi sosial menjelaskan, student conference tersebut adalah format ujian akhir semester (UAS) bagi mata kuliah Isu-isu psikologi sosial.

Dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa ditugaskan untuk membuat riset dengan mengeksplorasi berbagai tema Psikologi sosial dalam bidang pendidikan. Selain sebagai kewajiban akademik siswa, pelaksanaan student conference juga diharapkan turut meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian bagi civitas psikologi Unnes.

Sedangkan Abdul Haris Fitri Anto, S.Psi., M.Si., tim pengampu mata kuliah Isu-isu psikologi sosial menambahkan, output mata kuliah ini tidak hanya praktik riset dan presentasi hasil saja. Lebih jauh, artikel-artikel terpilih akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah INTUISI, sedangkan artikel-artikel riset seluruhnya dipublikasikan dalam conference proceeding 1st ACPI 2018.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 279 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X