Expo KKN Langensari, Pamerkan Produk-Produk Unik Bernilai Ekonomis

Rabu, 14 November 2018 | 14:08 WIB


Expo KKN Langensari, Pamerkan Produk-Produk Unik Bernilai Ekonomis

Hal yang lumrah dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa-masa penarikan adalah menyelenggarakan gelar karya (Expo). Kegiatan Expo ditujukan untuk menunjukkan hasil program kerja selama 45 hari, sama halnya yang dilakukan oleh tim KKN UNNES yang bertempat di Kelurahan Langensari.

Suasana pagi yang cukup panas tidak menyurutkan tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif II B UNNES di Kelurahan Langensari untuk menggelar Expo. Beberapa mahasiswa sudah mulai berjaga dan menata stand untuk memamerkan produk. Kegiatan yang dilaksanakan pada minggu (11/11) itu juga sekaligus sebagai seremonial perpisahan tim KKN dengan masyarakat.

Acara dilaksanakan di lapangan serbaguna RW V Kelurahan Langensari. Dimulai dengan kegiatan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian acara perpisahan tim KKN. Masyarakat pun sudah terlihat memadati lokasi sejak pukul 07.00. Selain kegiatan seremonial, masyarakat yang berkunjung disuguhi dengan pameran produk KKN yang telah terpajang di stand-stand disekitar panggung.

Produk yang dipamerkan diantaranya, Lampu Bobok Lucu (Lambocu), Tas Talikur, dan Produk skincare. Produk produk tersebut merupakan hasil kreativitas ibu-ibu PKK dari masing-masing RW di Langensari Barat yaitu RW 4, RW 5, dan RW 6. Produk yang dipamerkan terbuat dari bahan-bahan yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari misal sendok plastik, lem kayu, kunyit, dan beras.

Produk Lambocu, Tas Talikur, dan Skincare pun berpotensi untuk dijual untuk kemudian mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Misalnya dalam kegiatan Expo tersebut produk skincare dibandrol dengan harga Rp 3.500,00 per cup nya. Produk lainnya yang bukan berupa fisik pun turut ditampilkan, dari program-program kerja bidang pendidikan menampilkan kesenian tari, membaca puisi, dan fashion show.

“Selain untuk memamerkan produk, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat. Sebenarnya kegiatan ini juga merupakan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh warga RW V untuk pembangunan Gedung Serba Guna (GSG),” ungkap Agitha Pramesti, mahasiswa sie acara kegiatan. Agitha berharap produk-produk yang dipamerkan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat sehingga dapat memberi manfaat.

Acara yang terselenggara melalui kerja sama dengan perangkat RW ini pun dimeriahkan oleh kesenian reog dari Kridho Utomo. Acara Perpisahan KKN ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan untuk masing-masing RW dan kelurahan Langensari serta foto bersama.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 284 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X