Diksusi Nasionalisme, Jurusan PKn Selenggarakan Kuliah Umum Bersama Profesor dari Universitas Malaysia Sabah

Jumat, 12 Oktober 2018 | 12:00 WIB


Diksusi Nasionalisme, Jurusan PKn Selenggarakan Kuliah Umum Bersama Profesor dari Universitas Malaysia Sabah

Jurusan Politik dan Kewarganegaraan pada hari Kamis (11/10), menyelenggarakan kuliah umum bersama Prof A Rahman Tang Bin Abdullah PhD dari Universitas Malaysia Sabah. Kuliah umum dengan tema “Nasionalisme Indonesia dan Malaysia dalam Prespektif Sejarah” ini dimaksudkan untuk memberikan ilmu pengetahuan serta wawasan kepada mahasiswa jurusan Politik dan Kewarganegaraan untuk lebih mendalami rasa nasionalisme. Dalam hal ini terkhusus membahas nasionalisme di Indonesia dan Malaysia.

Kuliah umum yang diselenggarakan di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial ini dibuka oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial Drs Ngabiyanto MSi. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa prodi Ilmu Politik angkatan 2017 dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2016. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh pdosen jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Berlangsungnya kuliah umum ini disertai pula dengan diskusi yang moderatori oleh dosen jurusan PKn Giri Harto Wiratomo SPd MHum.

Prof Rahman menyatakan, bahwa nasionalisme itu bersifat abstrak artinya terdapat banyak pendapat yang mendefinisikan arti nasionalisme itu sendiri. Salah satu rukun nasionalisme dalam suatu negara yakni haruslah memperhatikan kepentingan umum. Selain itu ia pun memaparkan bahwa nasionalisme berkaitan erat dengan nation good, oleh karenanya nasionalisme memegang peranan penting dalam kenegaraan.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 282 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X