Berawal dari Mata Kuliah, Tiga Mahasiswa PPKn UNNES Juarai LKTI Nasional Hingga Raih Insentif PKM

Minggu, 7 Oktober 2018 | 10:53 WIB


Berawal dari Mata Kuliah, Tiga Mahasiswa PPKn UNNES Juarai LKTI Nasional Hingga Raih Insentif PKM

Berdasarkan pada surat putusan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) nomor 3073/B3.1/KM/2018 tentang Mahasiswa Peraih Insentif Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) : Penulisan Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT) Tahun 2018, tiga kelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menerima insentif pendanaan, Rabu (5/10).

Tiga kelompok tersebut terdiri atas dua kelompok PKM-AI dan satu kelompok PKM-GT yang telah melalui proses evaluasi secara ketat.

Dari tiga kelompok yang berhasil meraih insentif pendanaan tersebut, terdapat satu kelompok yang mengaku terkejut dapat melewati proses evaluasi Kemenristekdikti.

Kelompok yang dinahkodai oleh Daniar Solekha (PPKn 2015) dan beranggotakan Dwi Hermawan (PPKn 2015) serta Fajar Sujudi (PPKn 2016) ini, mengaku tak menyangka dapat memperoleh insentif dari Kemenristekdikti.

Daniar mengaku, ide tulisannya merupakan rangkuman dan hasil mengikuti salah satu perkuliahan.

“Ide tersebut kami dapat setelah menempuh perkuliahan Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK). Singkatnya, substansi dari karya tulis kami tersebut bahwa, generasi muda merupakan generasi perubahan yang perlu diarahkan ke dalam tatanan yang mapan secara sosial dan memberikan bekal untuk terjun ke tengah tengah masyarakat. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui berbagai bidang, salah satunya pendidikan,” jelas Daniar.

Pendidikan, imbuhnya, yang diperlukan oleh generasi muda saat ini adalah pendidikan yang mampu mengajari tentang pengelolaan dan pengembangan diri sesuai dengan era yang ada. PGMK dinilai memiliki basis kependidikan dibidang generasi muda dan kepramukaan yang merupakan langkah strategis dalam upaya pembinaan generasi muda saat ini.

“Capaian ini untuk semua. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Pak Ngabiyanto selaku WD III FIS, Pak Tijan selaku Kajur PKn, Pak Margi yang selalu membimbing penulisan ilmiah ini, dan Pak Giri yang menjadi dosen pengampu mata kuliah PGMK,” pungkasnya.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 250 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X