BAKK Kelola Arsip UNNES Melalui Akuisisi Arsip

Senin, 9 Juli 2018 | 19:34 WIB


BAKK Kelola Arsip UNNES Melalui Akuisisi Arsip

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (BAKK) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan akuisisi (pemindahan) arsip setelah melaksanakan pendampingan arsip. Langkah ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 pasal 59 ayat 2 tentang Kearsipan, Senin (9/7).

Kegiatan yang dimulai dari Senin hingga Jumat (9-13/7) di UPT Kearsipan ini dihadiri oleh pimpinan dan staf dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan dan BAKK.

Selama UPT Kearsipan mendampingi BAKK diketahui bahwa arsipnya terdiri dari arsip dinamis dan arsip statis. Menurut aturan tersebut arsip statis ini harus diselamatkan oleh UNNES melalui UPT Kearsipan.

Menurut penjelasan Koordinator Sistem dan Layanan Arsip UPT Kearsipan Agung Kuswantoro SPd MPd,  saat mengakuisisi arsip statis terdapat DPA (Daftar Pertelaan Arsip) dan berita acara serah terima menandakan sudah ada pengalihan pertanggungjawaban.

“Melalui kegiatan ini unit-unit lain di lingkungan UNNES diharapkan untuk selalu mendata dan menata arsip-arsipnya, sehingga mengetahui mana yang termasuk arsip yang harus diselamatkan, dan mana arsip yang harus dimusnahkan/dihapus,”ujarnya.

 

(Student Staff)


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 341 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X