Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Program Studi Statistika dan Sains Data Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Universitas Negeri Semarang/UNNES Admission/Berita Admisi/Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Program Studi Statistika dan Sains Data Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Diumumkan kepada peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNNES Jalur Seleksi Program Studi Statistika dan Sains Data Tahun 2023 yang nomor pendaftaran dan namanya tercantum di laman sm.unnes.ac.id serta berstatus seleksi “Lolos” (melalui akun pendaftar) dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut

A. PENGISIAN DATA POKOK DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN 

  1. Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara ONLINE melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 15 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB  s.d. 19 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan satu kali selama masa studi.
  3. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 15 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB s.d. 19 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh di laman https://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT/SPP/SPI.

B. TES KESEHATAN

1. Calon mahasiswa Jalur Seleksi Mandiri  Program Studi Statistika dan Sains Data wajib melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan di Puslakes UNNES yang akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 s.d. 14.00 WIB pada tanggal 16 Agustus 2023.

2. Calon mahasiswa wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas) dan disarankan menunjuk KLINIK UNNES Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi pemegang KTP di luar Semarang. Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di klinik/Puslakes UNNES atau melalui nomor whatsapp PANDAWA 08118165165 pada jam kerja.

3. Calon mahasiswa yang melakukan tes kesehatan di UNNES, pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI seluruh Indonesia mulai tanggal 15 s.d. 16 Agustus 2023 sebesar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) dengan kode pembayaran yang dapat diperoleh pada laman https://datapokok.unnes.ac.id atau membayar langsung ke loket bank di tempat tes kesehatan pada saat pelaksanaan tes kesehatan.

4. Calon mahasiswa membawa dokumen saat tes kesehatan di Puslakes UNNES meliputi:

  • Kartu Peserta,
  • KTP/ Kartu Keluarga,
  • Bukti setor pembayaran tes kesehatan,
  • Cetak form tes kesehatan yang dapat diunduh di laman https://datapokok.unnes.ac.id,
  • Alat tulis.

5. Calon mahasiswa mengenakan kemeja berkerah warna bebas dan bersepatu.

6. Pelaksanaan tes kesehatan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku.

C. REGISTRASI ONLINE DAN VERIFIKASI REGISTRASI

1. Setelah melakukan pembayaran biaya pendidikan, calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 15 s.d. 19 Agustus  2023 pukul 18.00 WIB dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

2. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara online, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB) yang meliputi:

  • Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli;
  • Kartu peserta Seleksi Mandiri 2023;
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli;
  • Surat keterangan kewarganegaraan dan paspor asli bagi Warga Negara Asing (WNA).
  • Formulir Registrasi (R1) yang sudah ditandatangani;
  • Surat Pernyataan mentaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang sudah ditandatangani;

3. Mencetak bukti registrasi online (R4) sebagai bukti telah menyelesaikan tahapan registrasi melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id.

4. Kuliah semester gasal tahun akademik 2023/2024 dimulai pada tanggal 21 Agustus 2023.

D. MASA SANGGAH/BANDING

1. Syarat sanggah/banding

    • Peserta yang dapat mengajukan sanggahan dalam masa sanggah adalah mereka yang tidak dinyatakan lulus Seleksi Mandiri Unnes;
    • Peserta hanya dapat mengajukan sanggahan atau keberatan paling lama lima hari setelah pengumuman hasil seleksi;
    • Pengajuan sanggahan ini dapat dilakukan melalui tautan yang tampil setelah login pada laman https://sm.unnes.ac.id dengan menggunakan akun yang sama yang digunakan pada pendaftaran seleksi mandiri.

2. Mekanisme pengajuan sanggah/banding

    • Masuk ke laman https://sm.unnes.ac.id dan login menggunakan akun pendaftar masing-masing;
    • Klik pengajuan sanggah;
    • Isikan detail sanggahan;
    • Unggah bukti sanggah;
    • Kirim sanggahan dengan mengklik tombol “Kirim Sanggahan”.

3. Masa sanggah atas hasil Seleksi Mandiri Program Studi Statistika dan Sains Data dibuka pada tanggal 16 s.d. 20 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB.

4. Jawaban sanggah paling lambat 5 hari setelah masa sanggah berakhir.

5. UNNES berhak untuk menerima atau mengolah sanggah yang diajukan peserta.

E. KETENTUAN LAIN

1. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:

  • Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
  • Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri dan registrasi;
  • Tidak menyelesaikan tahapan registrasi secara online.

2. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain, diatur dalam ketentuan lebih lanjut.

3. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.

4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

5. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Program Studi Statistika dan Sains Data diumumkan secara online, apabila terdapat perbedaan antara pengumuman online dan SK Rektor tercetak, maka yang diakui adalah SK Rektor tercetak.

6. Isian data pada laman yang tertera di pengumuman ini, seluruhnya bersifat wajib sebagai persyaratan menjadi mahasiswa UNNES, selain itu menjadi tanggung jawab calon mahasiswa apabila tidak teliti memilah informasi yang beredar berkaitan dengan isian-isian data selain pada laman yang tersebut di atas.

Informasi Lain Dapat Diperoleh di 

  • Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES,  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB 
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk pilih menu Buat Ticket Baru.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: