Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, PGSD Unggulan, Kelas Internasional Bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia,Kelas Internasional Bagi Calon Mahasiswa Internasional, dan Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Universitas Negeri Semarang/UNNES Admission/Berita Admisi/Registrasi Administratif Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, PGSD Unggulan, Kelas Internasional Bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia,Kelas Internasional Bagi Calon Mahasiswa Internasional, dan Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Diumumkan kepada peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNNES Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, PGSD Unggulan, Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia, Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa Internasional, dan Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa Tahun 2023 yang nomor pendaftaran dan namanya tercantum di laman sm.unnes.ac.id serta berstatus seleksi “Lolos” (melalui akun pendaftar) dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut

A. PENGISIAN DATA POKOK DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN 

  1. Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara ONLINE melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 26 Juni 2023 s.d. 3 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang dibayarkan sama untuk setiap semester. Besaran biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan pada tanggal 23 Juni 2023 di laman https://datapokok.unnes.ac.id pukul 20.00 WIB.
  3. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal  4 s.d. 11 Juli 2023, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh di laman https://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT/SPP/SPI.

B. TES KESEHATAN

1. Calon mahasiswa Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, PGSD Unggulan, dan Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia wajib melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan di Puslakes UNNES yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 s.d. 14.00 WIB, dengan jadwal sebagai berikut: 24 s.d. 28 Juli 2023 (jadwal/sesi tes kesehatan masing-masing peserta dapat dilihat pada laman https://datapokok.unnes.ac.id).

2. Calon Mahasiswa Seleksi Mandiri Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa Internasional, dan Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa tidak melakukan tes kesehatan.

3. Calon mahasiswa semua jalur wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas) dan disarankan menunjuk KLINIK UNNES Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi pemegang KTP di luar Semarang. Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di klinik/Puslakes UNNES atau melalui nomor whatsapp PANDAWA 08118165165 pada jam kerja.

4. Calon mahasiswa yang wajib melakukan tes kesehatan di UNNES, pembayaran dapat dilakukan di Bank (BTN dan BNI seluruh Indonesia) mulai tanggal 21 s.d. 28 Juli 2023 sebesar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) dengan kode pembayaran yang dapat diperoleh pada laman https://datapokok.unnes.ac.id atau membayar langsung ke loket bank di tempat tes kesehatan pada saat pelaksanaan tes kesehatan.

5. Calon mahasiswa membawa dokumen saat tes kesehatan di Puslakes UNNES meliputi:

  • Kartu Peserta,
  • KTP/ Kartu Keluarga,
  • Bukti setor pembayaran tes kesehatan,
  • Cetak form tes kesehatan yang dapat diunduh di laman https://datapokok.unnes.ac.id,
  • Alat tulis.

6. Calon mahasiswa mengenakan kemeja berkerah warna bebas dan bersepatu,

7. Pelaksanaan tes kesehatan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku.

C. REGISTRASI ONLINE DAN VERIFIKASI REGISTRASI

1. Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 4 s.d. 12 Juli  2023 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

2. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara online, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB) yang meliputi:

  • Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli;
  • Kartu peserta Seleksi Mandiri 2023;
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli bagi mahasiswa baru lulusan tahun 2023, ijazah asli bagi mahasiswa baru lulusan tahun 2021-2022, atau ijasah asli terakhir bagi mahasiswa baru jalur RPL Desa;
  • Surat keterangan kewarganegaraan dan paspor asli bagi Warga Negara Asing (WNA).
  • Formulir Registrasi (R1) yang sudah ditandatangani;
  • Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang sudah ditandatangani;

3. Mencetak bukti registrasi online (R4) sebagai bukti telah menyelesaikan tahapan registrasi melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id.

4. Kuliah semester gasal tahun akademik 2023/2024 dimulai pada tanggal 21 Agustus 2023.

D. KETENTUAN LAIN

1. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:

  • Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
  • Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri dan registrasi;
  • Tidak menyelesaikan tahapan registrasi secara online.

2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

3. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain, diatur dalam ketentuan lebih lanjut.

4. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.

Informasi Lain Dapat Diperoleh di 

  • Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES,  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB 
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk pilih menu Buat Ticket Baru.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: