Pengumuman Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026

Universitas Negeri Semarang/UNNES Admission/Berita Admisi/Pengumuman Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026

Diumumkan kepada peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2025 yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PENGISIAN DATA POKOK, PENGIRIMAN DOKUMEN BORANG A1, DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

  1. Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara ONLINE melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 29 Mei s.d. 5 Juni 2025 pukul 16.00 WIB. Khusus bagi pendaftar KIP Kuliah wajib mengisikan data dasar berupa identitas dan nomor HP yang dapat dihubungi maksimal 31 Mei 2025.
  2. Calon mahasiswa wajib mengirimkan borang A1 yang diunduh dari laman https://datapokok.unnes.ac.id, melalui jasa pengiriman dokumen ke alamat yang tertera di dokumen tersebut paling lambat tanggal 9 Juni 2025 (cap pos/tanggal kirim dari domisili).
  3. Calon mahasiswa (selain Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah) wajib membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester. Besaran UKT yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan pada tanggal 10 Juni 2025 pukul 20.00 WIB di laman datapokok.unnes.ac.id menu Informasi UKT.
  4. Pengumuman Mahasiswa Penerima KIP Kuliah secepatnya pada tanggal 11 Juni 2025 di laman https://datapokok.unnes.ac.id.

B. REGISTRASI ONLINE DAN VERIFIKASI REGISTRASI

  1. Pembayaran UKT dilakukan mulai tanggal 11 s.d. 20 Juni 2025 pukul 15.00 WIB, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Jateng di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh di laman https://datapokok.unnes.ac.id pada menu Registrasi -> Pembayaran UKT/SPP/SPI.
  2. Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 11 s.d. 20 Juni 2025 pukul 16.00 WIB dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.
  3. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara online, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB) yang meliputi:
    • Bukti setor lunas pembayaran UKT asli;
    • KTP/SIM/Passport;
    • Kartu peserta SNBT 2025;
    • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Aktif Kelas 12 tahun 2025 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
    • Surat keterangan kewarganegaraan bagi Warga Negara Asing (WNA).
    • Formulir Registrasi (R1) yang sudah ditandatangani;
    • Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang sudah ditandatangani;
    • Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5) yang sudah ditandatangani.
  4. Calon mahasiswa wajib mencetak bukti registrasi online (R4) melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai 23 Juni 2025

C. TES KESEHATAN

  1. Calon mahasiswa wajib melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan di Puslakes UNNES yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 s.d. 14.00 WIB, dengan jadwal  dari 30 Juni s.d. 5 Juli 2025 (jadwal/sesi tes kesehatan masing-masing peserta dapat dilihat pada laman https://datapokok.unnes.ac.id).
  2. Khusus Program Studi Kedokteran wajib melaksanakan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (Tes MMPI) yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran UNNES. Jadwal tes MMPI dilaksanakan pada 13 Juni 2025 pukul 09.00 WIB di Puslakes UNNES. Nominal pembayaran tes MMPI sebesar Rp. 385.000,00 (tiga ratus delapan puluh lima ribu rupiah). Pembayaran dilakukan dilokasi sebelum pelaksanaan Tes MMPI. 
  3. Calon mahasiswa wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas) dan disarankan menunjuk KLINIK UNNES Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi pemegang KTP di luar Semarang selama masa studi di UNNES. Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di klinik/Puslakes UNNES atau melalui nomor whatsapp PANDAWA 08118165165 pada jam kerja.
  4. Calon mahasiswa wajib melakukan tes kesehatan di UNNES, pembayaran dapat dilakukan melalui virtual account yang diperoleh dari laman https://datapokok.unnes.ac.id sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
  5. Calon mahasiswa membawa dokumen saat tes kesehatan di Puslakes UNNES meliputi:
    • Kartu Peserta SNBT 2025;
    • KTP/ Kartu Keluarga;
    • Bukti setor pembayaran tes kesehatan;
    • Cetak form tes kesehatan yang dapat diunduh di laman https://datapokok.unnes.ac.id,
    • Alat tulis.
  6. Calon mahasiswa mengenakan kemeja berkerah warna bebas dan bersepatu.
  7. Pelaksanaan tes kesehatan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku.

D. KEGIATAN PRA PERKULIAHAN

  1. Pengambilan KTM dan jas almamater dilayani pada 11 s.d. 15 Agustus 2025 di masing-masing Fakultas. Pengambilan KTM dan jas almamater tidak dapat diwakilkan.
  2. Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dimulai pada 17 Agustus 2025.
  3. Perkuliahan Semester Gasal 2024/2025 dilaksanakan mulai 25 Agustus 2025.

E. KETENTUAN LAIN

  1. Status sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:
    • tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
    • memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri, dan registrasi administratif; dan
    • tidak menyelesaikan tahapan registrasi administratif secara online pada jadwal yang ditentukan.
  2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  3. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain yang diatur dalam ketentuan lebih lanjut.
  4. Calon mahasiswa Program Studi Kedokteran yang tidak memenuhi persyaratan Tes Psikometri dan Tes Kesehatan untuk Program Studi Kedokteran dipindahkan ke program studi lain yang diatur dalam ketentuan lebih lanjut atau mengajukan pengunduran diri.
  5. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.
  6. Isian data pada laman yang tertera di pengumuman ini, seluruhnya bersifat wajib sebagai persyaratan menjadi mahasiswa UNNES, selain itu menjadi tanggung jawab calon mahasiswa apabila tidak teliti memilah informasi yang beredar berkaitan dengan isian-isian data selain pada laman yang tersebut di atas.

Informasi Lain Dapat Diperoleh di

  • Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES,  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja
    • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
    • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Informasi tambahan akan diinfokan melalui Whatsapp Admisi dan Layanan Terpadu  0815119666421, 0895800403400, 08994725800.
  • Whatsapp admisi UNNES untuk layanan pendampingan calon mahasiswa baru +62 851-6580-6498, +62 851-6580-7770, +62 851-6581-1122, +62 851-6580-6497
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk pilih menu Buat Ticket Baru
  • Mahasiswa diharapkan bergabung dalam group telegram khusus mahasiswa baru UNNES pada link https://unnes.id/maba2025 agar tidak tertinggal informasi penting.

Tanggal Penting Registrasi Administratif SNBT 2025

Kalender Registrasi Administratif SNBT 2025/2026
KegiatanTanggal
Pengisian Datapokok29 Mei s.d. 5 Juni 2025 pukul 16.00 WIB.
Pengisian Data Dasar Pendaftar KIPKPaling Lambat 31 Mei 2025
Pengiriman Borang A1Paling Lambat 9 Juni 2025 (cap pos)
Pengumuman UKT10 Juni 2025 (pukul 20.00 WIB)
Pengumuman KIP KuliahPaling Cepat 11 Juni 2025
Pembayaran UKT11 s.d 20 Juni 2025 (pukul 15.00 WIB)
Registrasi Online11 s.d 20 Juni 2025 (pukul 16.00 WIB)
Unduh Bukti Registrasi (Dokumen R4)Cek secara berkala mulai 23 Juni 2025
Tes Kesehatan30 Juni s.d 5 Juli 2025
Tes MMPI (Prodi Kedokteran)13 Juni 2025
Pengambilan KTM & Almamater11 s.d 15 Agustus 2025
PKKMBdimulai tanggal17 Agustus 2025
Kuliah Perdana

25 Agustus 2025

Related Posts