Pengumuman Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026

Universitas Negeri Semarang/UNNES Admission/Berita Admisi/Pengumuman Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026

Diumumkan kepada peserta Seleksi Mandiri Beasiswa Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) tahun 2025 yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PENGISIAN DATAPOKOK, REGISTRASI ONLINE DAN VERIFIKASI REGISTRASI

  1. Calon  mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) secara online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id tanggal 11 s.d. 20 Agustus 2025 pukul 16.00 WIB;
  2. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal  11 s.d. 20 Agustus 2025 pukul pukul 12.00 WIB, melalui Bank Tabungan Negara (BTN) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA). Kode VA diperoleh di laman https://datapokok.unnes.ac.id menu registrasi pembayaran UKT/SPP/SPI.
  3. Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara online melalui laman  https://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal  11 s.d. 20 Agustus 2025 pukul 16.00 WIB dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan setelah melakukan langkah Pengisian Data Pokok dan Pembayaran Biaya Pendidikan pada Poin 1.
  4. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara online, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai berkas dalam bentuk JPEG maksimal 500kb yang meliputi:
    • Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan;
    • Ijazah S1 sesuai dengan syarat pendaftaran.
  5. Mencetak, menandatangani, dan mengunggah kembali dokumen registrasi online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id yang meliputi:x
    • Formulir Registrasi (R1);
    • Surat Pernyataan mentaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3), yang telah ditandatangani di atas materai masing-masing Rp 10.000;
  6. Mencetak dan menyimpan Bukti Registrasi (R4) yang diperoleh setelah calon mahasiswa melakukan tahapan Poin 2a, 2b, dan 2c secepatnya tanggal 22 Agustus 2025.

B. KETERANGAN DITERIMA DAN TUNDA KULIAH

  1. Surat Keterangan Diterima atau Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dapat langsung diunduh di laman https://sm.unnes.ac.id paling cepat H+2 setelah pengumuman.
  2. Peserta yang berminat mengajukan tunda kuliah/Defer bisa mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES dengan menyertakan kartu identitas, kartu pendaftaran, dan LoA. Surat dapat dikirimkan secara fisik (pos/ekspedisi) atau online melalui https://helpdesk.unnes.ac.id atau melalui WA resmi Admisi dan Layanan Terpadu UNNES.

C. KETENTUAN LAIN

  1. Perkuliahan Semester Gasal tahun akademik 2025/2026 mulai tanggal 25 Agustus 2025,
  2. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:
    • tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
    • Tidak mengunggah dokumen Ijazah sesuai persyaratan;
    • Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri dan registrasi;
    • Tidak menyelesaikan tahapan registrasi administrasi.
  3. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  4. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.
  5. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Beasiswa Program Doktor Untuk Dosen Indonesia (PDDI) Tahun 2025 apabila terdapat perbedaan antara pengumuman online dan SK Rektor tercetak, maka yang diakui adalah SK Rektor tercetak.
  6. Isian data pada laman yang tertera di pengumuman ini, seluruhnya bersifat wajib sebagai persyaratan menjadi mahasiswa UNNES, selain itu menjadi tanggung jawab calon mahasiswa apabila tidak teliti memilah informasi yang beredar berkaitan dengan isian-isian data selain pada laman yang tersebut di atas.

Informasi Lain Dapat Diperoleh di

  • Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES,  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja
    • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
    • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Informasi tambahan akan diinfokan melalui Whatsapp Admisi dan Layanan Terpadu  0815119666421, 0895800403400, 08994725800.
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk pilih menu Buat Ticket Baru
  • Mahasiswa diharapkan bergabung dalam group telegram khusus mahasiswa baru UNNES pada link https://unnes.id/maba2025 agar tidak tertinggal informasi penting.

Related Posts