Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang III Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025

Universitas Negeri Semarang/UNNES Admission/Berita Admisi/Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Jalur Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang III Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025

Diumumkan kepada seluruh peserta Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional Gelombang III Tahun 2024 yang telah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025 ( pengumuman dapat di lihat dengan login laman dashboard sm.unnes.ac.id pada menu jalur pendaftaran setelah itu klik tombol pengumuman), untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PENGISIAN DATA POKOK DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

  1. Calon mahasiswa wajib melengkapi isian borang data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara ONLINE melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 31 Juli 2024 pukul 09.00 WIB  s.d. 9 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan satu kali selama masa studi. Besaran biaya UKT dan IPI dapat dilihat di laman https://datapokok.unnes.ac.id pada 30 Juli 2024 pukul 16.00 WIB.
  3. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 31 Juli 2024 pukul 09.00 WIB s.d. 9 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh di laman https://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT/SPP/SPI.

B. TES KESEHATAN

  1. Calon mahasiswa selain Program Studi Kedokteran wajib melaksanakan kegiatan Tes Kesehatan di Puslakes UNNES yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 s.d. 14.00 WIB, dengan jadwal  dari Juli s.d. Agustus 2024 (jadwal/sesi tes kesehatan masing-masing peserta dapat dilihat pada laman https://datapokok.unnes.ac.id). Peserta wajib datang sesuai jadwal yang tertera di laman tersebut.
  2. Calon mahasiswa wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas) dan disarankan menunjuk KLINIK UNNES Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi pemegang KTP di luar Semarang selama masa studi di UNNES. Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di klinik/Puslakes UNNES atau melalui nomor whatsapp PANDAWA 08118165165 pada jam kerja.
  3. Calon mahasiswa wajib melakukan tes kesehatan di UNNES, pembayaran dapat dilakukan melalui Virtual Account (VA) Bank BTN Agustus 2024 atau pada saat pelaksanaan tes kesehatan sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah). 
  4. Calon mahasiswa membawa dokumen saat tes kesehatan di Puslakes UNNES meliputi:
    • Kartu Peserta Seleksi Mandiri 2024;
    • KTP/ Kartu Identitas/ Kartu Keluarga;
    • Bukti setor pembayaran tes kesehatan;
    • Cetak form tes kesehatan yang dapat diunduh di laman https://datapokok.unnes.ac.id,
    • Alat tulis.
  5. Calon mahasiswa mengenakan kemeja berkerah warna bebas dan bersepatu.
  6. Segala pertanyaan berkaitan dengan pelaksanaan tes kesehatan dapat ditanyakan melalui nomor WA Pusat Layanan Kesehatan UNNES (+62 851-5949-6422) pada jam kerja.

C. REGISTRASI ONLINE DAN VERIFIKASI REGISTRASI

  1. Setelah melakukan pembayaran biaya pendidikan, calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara online melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 31 Juli 2024 pukul 09.00 WIB s.d. 9 Agustus 2024 pukul 20.00 WIB dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.
  2. Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara online, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan/foto berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB) yang meliputi:
    • Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli;
    • Kartu peserta Seleksi Mandiri 2024;
    • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli;
    • Formulir Registrasi (R1) yang sudah ditandatangani;
    • Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang sudah ditandatangani di atas materai;
  3. Mencetak bukti registrasi online (R4) sebagai bukti telah menyelesaikan tahapan registrasi melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id.

D. KEGIATAN PRA PERKULIAHAN

  1. Pengambilan KTM dan jas almamater dilayani pada 12 s.d. 16 Agustus 2024 di Auditorium UNNES. Pengambilan KTM dan jas almamater tidak dapat diwakilkan.
  2. Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dimulai pada 17 Agustus 2024.
  3. Perkuliahan Semester Gasal 2024/2025 dilaksanakan mulai 26 Agustus 2024.

E. KETENTUAN LAIN

1. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan gugur apabila:

  • tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
  • memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran, pengisian data diri, dan registrasi administratif; dan
  • tidak menyelesaikan tahapan registrasi administratif secara online pada jadwal yang ditentukan.

2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

3. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk program studi tertentu, dapat dipindahkan ke program studi lain yang diatur dalam ketentuan lebih lanjut.

4. Kelalaian calon mahasiswa dalam membaca dan memahami pengumuman ini yang menyebabkan gugurnya hak sebagai mahasiswa bukan menjadi tanggung jawab panitia.

5. Isian data pada laman yang tertera di pengumuman ini, seluruhnya bersifat wajib sebagai persyaratan menjadi mahasiswa UNNES, selain itu menjadi tanggung jawab calon mahasiswa apabila tidak teliti memilah informasi yang beredar berkaitan dengan isian-isian data selain pada laman yang tersebut di atas.

Informasi Lain Dapat Diperoleh di

  • Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES,  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Informasi  lebih  lanjut  dapat  disampaikan  melalui petugas  Admisi dan  Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang pada jam kerja
    • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
    • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Perubahan dan/atau tambahan informasi akan diinfokan melalui laman https://unnes.ac.id/admission atau melului Instagram Admisi dan Layanan Terpadu UNNES di @alt.unnes .
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk pilih menu Buat Ticket Baru

Related Posts