PMDSU Gasal 2025/2026

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka kesempatan untuk melanjutkan studi S2 (Magister) melalui jalur PMDSU yang dibuka sepanjang tahun. Proses seleksi meliputi wawancara secara online. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan  LoA (Letter of Acceptance) yang selanjutnya dapat memulai perkuliahan pada semester gasal tahun ajaran 2025/2026 (kuliah perdana: 25 Agustus 2025).

Persyaratan Umum

  1. Sarjana unggul (fresh graduate).
  2. Telah memiliki gelar S1 (sarjana strata 1).
  3. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut:
    • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
    • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
    • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
    • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
    • Akreditasi PT dan Prodi Asal Pelamar dibawah B, maka IPK ≥ 3,8
  4. Usia tidak lebih dari 24 tahun untuk lulusan non profesi dan 27 tahun untuk lulusan profesi per tanggal 31 Desember 2023.
  5. Memperoleh surat rekomendasi dari dosen pembimbing S1 (lampiran pedoman).
  6. Warga Negara Indonesia.
  7. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya.
  8. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba).
  9. Bersedia mengikuti pendidikan pascasarjana selama jangka waktu 4 (empat) tahun dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai (lampiran pedoman).
  10. Mengikuti seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.
  11. Tidak ada gangguan jiwa;
  12. Bebas narkoba;
  13. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran PMDSU Doktor Gasal UNNES Tahun 2025/2026
No.KegiatanTanggal
1Pendaftaran Online– 22 Juni 2025


2Pembayaran Pendaftaran– 22 Juni 2025


3Pencetakkan Kartu Peserta– 22 Juni 2025


4Pencetakkan Kartu Ujian
6Pelaksanaan Tes Wawancara Secara Online
7Pengumuman Hasil Seleksi
8Registrasi Administrasidiumumkan saat pengumuman hasil seleksi

9Kuliah Perdana

25 Agustus 2025

Kelengkapan Berkas Pendaftaran

  1. File pas foto berwarna ukuran 3×4 format jpg/png/JPEG maksimal 500kb;
  2. File Scan KTP berwarna format jpg/png/JPEG maksimal 500kb
  3. File Scan Transkrip Akademik S1 bagi pendaftar Magister (S2) dan Transkrip Akademik S2 berwarna format pdf maksimal 500kb;
  4. File Scan Ijazah S1 bagi pendaftar Magister (S2)  berwarna format pdf maksimal 500kb;
  5. File Scan Surat Izin dari Pimpinan Instansi/Lembaga Tempat Bekerja format pdf maksimal 500kb*;
  6. File Scan Surat Keterangan Pembiayaan format pdf maksimal 500kb*;
  7. File Scan Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang Memadai (Bagi IPK < 2,75) format pdf maksimal 500kb*;
  8. File Scan Surat Rekomendasi 2 (dua) Dosen format pdf maksimal 500kb*;
  9. Materai 10.000.
  10. Template dokumen pendukung dapat diunduh di https://unnes.id/dokumenAdmisi.

*) Tidak wajib diunggah

Tata Cara dan Biaya Pendaftaran

  1. Membuka laman pendaftaran https://unnes.ac.id/admission;
  2. Membuat akun pendaftaran
  3. Mengisi data biodata, pendidikan terakhir, prestasi (jika memiliki), dan unggah pas foto & KTP pada menu Pendaftaran;
  4. Memilih jalur seleksi pendaftaran pada menu Jalur Pendaftaran;
  5. Memilih program studi (maksimal 2 program studi);
  6. Memilih Bank BTN/BNI untuk pembayaran pendaftaran;
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 untuk program Magister (S2)  melalui Bank yang telah dipilih menggunakan nomor Virtual Account (VA). Peserta diberi kesempatan untuk mengubah pilihan program studi maksimal sekali sebelum dilakukan pembayaran pendaftaran (pastikan nomor VA yang dibayarkan dengan pilihan prodi yang tertera di aplikasi pendaftaran sesuai). Jika peserta sudah melakukan pembayaran pendaftaran kemudian mengganti pilihan program studi, silakan klik mundur untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran pendaftaran kembali.
  8. Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran;
  9. Melakukan finalisasi pendaftaran;
  10. Mencetak Kartu Peserta dan Kartu Ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal;
  11. Mengikuti pelaksanaan seleksi sesuai jadwal.

Pelaksanaan Tes

  1. Pelaksanaan Tes Wawancara Oleh Promotor
  2. Informasi teknis pelaksanaan seleksi akan diinfokan kemudian melalui pesan WA dari nomor Admisi.

Pilihan Program Studi dan Informasi Promotor

No.Program Studi PMDSU UNNES 2025PromotorTopikJenjang
1Pendidikan IPAProf. Dr. Sudarmin, M.Si.Model Pembelajaran Proyek Inkuiri Terintegrasi Etno-STEM/Etno-SSI bermedia digital Bidang Kajian Ilmu Sains/Kimia untuk akselerasi SDGs/Asta Cita/Kompetensi abad 21.S2
Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd.Inovasi pembelajaran dan evaluasi.
2Pendidikan OlahragaProf. Dr. Heny Setyawati, M.Si.Bidang kajian Pendidikan Jasmani dan Olahraga terintegrasi berbasis digitalisasi, inklusivitas dan diversitas, globalisasi, kesejahteraan dan kesehatan mental.S2
3Pendidikan IPSProf. Dr. Wasino, M.Hum.Pendidikan ilmu-ilmu sosial terintegrasi berbasis Memory kolektif, relasi multikultural, resolusi konflik dan perdamaian, kearifan  lokal.S2

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

Ketentuan Lain
  1. Seluruh kegiatan pada hari/tanggal yang sudah ditentukan jika tidak disebutkan maka bertepatan pada pukul 15.00 WIB.
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kesempatan yang sama untuk studi di UNNES bagi semua etnis, agama, status, gender, disabilitas, dan kelompok yang kurang terwakili lainnya.
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberlakukan Zona Integritas, sehingga UNNES berkomitmen penuh terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, kami tidak menerima segala bentuk sumbangan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi);
    2. dinyatakan gugur apabila:
      1. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal;
      2. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  6. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission, instagram @alt.unnes, notifikasi di akun pendaftaran peserta, atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800 atau +62895800403400.

Layanan Pengaduan dan Pendampingan

  1. Layanan Offline (Prioritas): Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Istirahat 12.00 -13.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Istirahat 11.30 -13.00 WIB
  2. Layanan Online: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!