Magister by Research

Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru Program Magister by Research. Seleksi ini dibuka untuk pendaftar calon mahasiswa umum yang memenuhi persyaratan.

Ketentuan Umum

  1. Memiliki Ijazah program Sarjana/Diploma 4 dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek yang serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki.
  2. Berindeks Prestasi Sarjana/Diploma 4 minimal 2,75 atau berpengalaman kerja minimal 5 tahun.
  3. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.
  4. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran Penerimaan Magister by Research dilayani secara online dengan rincian jadwal sebagai berikut:

No

Kegiatan

Waktu

1.

Waktu Pendaftaran         

31 Agustus – 7 September 2023

2.

Pembayaran

31 Agustus – 7 September 2023

4.

Pengumuman Hasil Seleksi

8 September 2023

5.

Registrasi Administrasi (keuangan)

8 – 15 September 2023

Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi

Pendaftar Magister by Research diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Menyiapkan file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg;
  2. Menyiapkan file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor);
  3. Membuka laman http://sm.unnes.ac.id kemudian membuat akun;
  4. Pendaftar mengisi biodata dan menentukan Jenjang Magister (S2); 
  5. Menyelesaikan proses pengisian data untuk mendapatkan nomor Virtual Account (VA) yang digunakan sebagai kode pembayaran pendaftaran;
  6. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA). Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking sebesar 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
  7. Peserta membuka laman kembali https://sm.unnes.ac.id/login untuk melengkapi  isian biodata, unggah dokumen persyaratan, kemudian melakukan finalisasi pendaftaran.

Kelengkapan Berkas

  1. File scan ijazah dan transkrip akademik S1;
  2. File pas foto berwarna ukuran 3 x 4;
  3. File scan Surat Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu;
  4. File scan Surat Izin dari Pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja;
  5. File scan Surat Keterangan Sumber Pembiayaan;
  6. File scan Surat Keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar yang IPK dibawah 2,75;
  7. Usulan riset

Format surat bisa diunduh di laman https://sm.unnes.ac.id pada menu pendaftaran bagian Unggahan.

Ketentuan Lain

  1. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun;
  2. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada suatu program studi tidak diperkenankan untuk mengajukan permohonan pindah ke program studi lain dan tidak diperkenankan menunda perkuliahan pada Tahun atau Semester berikutnya.
  3. Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SM-Pascasarjana UNNES akan dinyatakan gugur apabila:
  • tidak hadir pada waktu registrasi/lapor diri.
  • terbukti memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  1. UNNES tidak melayani pendaftaran langsung secara manual di Kampus.
  2. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman  http://unnes.ac.id/admission 

Informasi Pendaftaran

  1. Petugas  Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  2. Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja
  • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
  • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB 
  1. Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk.

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!