Unnes Tembus Peringkat Ke-15 Indonesia versi Webometrics

Jumat, 3 Februari 2012 | 6:35 WIB


Kabar baik tersiar dari rilis Webometrics untuk Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pada edisi akhir Januari 2012, Universitas Konservasi ini berada pada peringkat ke-15 nasional, melesat jauh dari setengah tahun lalu (28).

Dari webometrics.info juga dapat dibaca, Unnes berada pada urutan ke-51 Asia Tenggara atau ke-1.687 dunia. Juli tahun lalu, Unnes berada pada peringkat ke-2.373 dunia.

Di antara empat aspek pemeringkatan, Unnes mampu menembus “100 top dunia” pada aspek rich file, yakni pada posisi ke-96. Adapun aspek size ke-229, visibility 2.109, dan scholar 1.891.

“Sebuah prestasi yang menggembirakan. Apresiasi tinggi saya sampaikan kepada sesiapa pun yang telah mengambil bagian bagi pelejitan ini. Semoga capaian ini bisa makin memotivasi kita untuk terus berkarya,” kata Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo mengomentari rilis tersebut.

Di tingkat dunia, posisi pertama diduduki Harvard University, diikuti Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, University of Michigan, dan University of California Barkeley. Di Indonesia, ITB menjadi yang terbaik, disusul UGM, UI, ITS, dan UPI.

Sekadar catatan, “yudisium” Webometrics yang dilakukan setiap setengah merupakan pengumuman yang paling ditunggu-tunggu oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Maklumlah, pemeringkatan ini  sering dijadikan acuan untuk melihat posisi dan progresivitas perguruan tinggi dalam konteks global.

The Webometrics Ranking of World Universities adalah  inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik CSIC  (Consejo Superior de Investigaciones Científicas), sebuah lembaga riset publik terbesar di Spanyol.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 5.417 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

28 komentar pada “Unnes Tembus Peringkat Ke-15 Indonesia versi Webometrics

  1. Alhamdulillah, Selamat dan sukses Buat Pimpinan Unnes dan Seluruh keluarga Besar Unnes. Atas kemajuan pesat yang dicapai, semoga selalu bisa ditingkatkan minimal dipertahankan. Salam Konservasi.

  2. Barokalloh. Selamat dan sukses Buat Pimpinan Unnes dan Seluruh keluarga Besar Unnes. Atas kemajuan pesat yang dicapai, semoga selalu bisa ditingkatkan minimal dipertahankan. Salam Konservasi.

  3. kita buktikan bersama.. dalam waktu dekat unnes akan menjadi yg terbaik di indonesia.. ataupun di dunia.. bila perlu terbaik dunia akhirat..

  4. Hidup almamater tercinta, salute 4 Unnes, khususon pengelola web nya. Halo pak admin, apa ya yang alumni bisa bantu untuk ikut melejitkan ke peringkat yang lebih top lagi ??

  5. Selamat dan Sukses buat Unnes. Rasa kebersamaaan telah menghantarkan Unnes menjadi salah satu “Kuda Hitam” Perguruan Tinggi di Jawa Tengah yang sedang diperhitungkan.

  6. Selamat untuk kampus tercinta UNNES, Keberhasilan ini akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk lebih bersemanggat berkarya. selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *