Membangun Siswa Kreatif melalui Matematika

Kamis, 23 Agustus 2012 | 8:56 WIB


Pandai dalam mata pelajaran matematika hendaknya tidak terbatas pada kemampuan menyelesaikan soal-soal tes, tetapi juga harus mampu menggunakan kemampuan itu untuk menyelesaikan masalah yang ditemui di luar sekolah. Kemampuan itu tidak didapat siswa tanpa dilatih guru di kelas.

Alasan itulah yang mendasari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Kontes Literasi Matematika (KLM) bagi siswa SMP/MTs dan Semiloka terkait dengan Programme for International Student Assessment (PISA) bagi guru matematika.

Kegiatan akan dilangsungkan 29 September 2012 di Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unnes.

KLM merupakan kontes perorangan yang diikuti oleh siswa SMP/MTs yang dikirim oleh sekolah negeri maupun swasta atau yang mendaftarkan sendiri. Semiloka PISA diikuti oleh  para guru dan calon guru  SMP/MTs, SMA/MA/SMK baik negeri maupun swasta,  Pengawas Sekolah, Pejabat Diknas, Dosen, Mahasiswa, atau umum.

Pemakalah pada sesi semiloka adalah dosen Jurusan Matematika FMIPA Unnes Dr Sugiman MSi, dan Dr Wardono MSi. Biaya pendaftaran kontes Rp75.000 tiap siswa, sedangkan semiloka Rp100.000 tiap peserta guru, khusus  mahasiswa S1 dikenakan biaya Rp50.000, mahasiswa S2 Rp75.000.

Juara I dalam kontes ini akan mendapat piala, uang pembinaan, sertifikat, dan diikutsertakan dalam grand final tingkat nasional di Yogyakarta. Juara II dan III mendapat piala, uang pembinaan, dan sertifikat. Selain itu, sekolah asal juara I, II, dan III akan mendapat sertifikat. Panitia juga menyediakan sertifikat  bagi 1 orang guru pendamping tiap sekolah, juga sertifikat untuk setiap siswa peserta KLM

Pendaftaran paling lambat 24 September 2012 kepada David Mubarok SSi (081325669352). Pembayaran dapat dilakukan secara langsung ke sekretariat panitia atau melalui rekening BNI a.n. Dr Wardono MSi, No. Rekening 0240549137. Unduh liflet di sini.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.137 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X