Mahapala Unnes Latihan Rafting di Sungai Progo dan Elo Magelang

Kamis, 23 April 2015 | 10:04 WIB


Mahapala Unnes Latihan Rafting di Sungai Progo dan Elo Magelang

Sebanyak 21 orang mahasiswa pecinta alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) belajar rafting di sungai Progo dan sungai Elo Magelang.

Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu sampai Minggu (18-19/4) diisi dengan pembekalan teori dan praktik.

Ma’rifah angkatan 30 sebagai pemateri menyampaikan, cara menyeberangi sungai dengan bantuan dayung supaya tahu kondisi sebenarnya dibawah air apakah ada batu, kayu, bahkan kedalam air.

Selain itu, juga menerangkan tengtang renang jeram yakni renang agresif (rengan pada umumnya gaya katak, gaya bebas dan lainnya). Kemudian renang defensif yakni renang mengikuti jeram dan mempertahankan diri agar tidak tenggelam.

Juga dilakukan pengarungan sungai dengan perahu dan kayak (perahu kecil hanya untuk 2 orang) menghindari rintangan di sungai.

Selian itu juga dipraktekkan flip flop perahu yakni membalikkan perahu dalam keadaan perahu normal menjadi terbalik, dan perahu dari keadaan terbalik menjadi normal.

Kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan rafting kepada anggota yunior sebagai salah satu divisi dari mahapala sebab ada delapan divisi di mahapala yakni rafting, mountainering, diving, lingkungan hidup, SAR, caving, rock climbing, dan navigasi darat.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 412 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *