Terus Majukan Dunia Pendidikan, UNNES Kukuhkan Enam Profesor Baru

Posisi Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia kian kokoh dengan bertambahnya enam profesor baru. Para profesor UNNES merupakan akademisi yang memiliki rekam jejak panjang dan kontribusi akademik  tinggi di bidang masing-masing. Melalui riset dan pemikiranya, mereka siap memajukan UNNES agar menjadi universitas bereputasi dunia dan pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi.

Prof. Dr. Ir. Sucipto, M.T., IPM. (Profesor Bidang Manajemen Pendidikan Vokasi)

Sebagai akademisi di bidang manajemen pendidikan vokasi, Prof. Dr. Sucipto menaruh perhatian pada penguatan antara pendidikan kejuruan dan kebutuhan dunia industri. Dengan latar belakang pendidikan teknik dan manajemen pendidikan, ia mengembangkan penelitian berbasis Research and Development yang berfokus pada implementasi Link and Match 8+i, sebuah model kemitraan sekolah dan industri berbasis kebutuhan riil dunia kerja. Gagasan tersebut diwujudkan melalui inovasi SIMILA (Sistem Informasi Mitra Industri Berbasis Website) yang berfungsi sebagai media komunikasi dua arah antara sekolah dan mitra industri. Selain aktif dalam penelitian, Prof. Sucipto juga menghasilkan sejumlah karya ilmiah dan buku rujukan di bidang manajemen pendidikan vokasi yang dimanfaatkan oleh pendidik dan pemangku kebijakan.

Prof. Dr. Syakir Muharrar, M.Sn. (Profesor Bidang Pendidikan Seni Rupa)

Prof. Dr. Syakir Muharrar merupakan akademisi di bidang pendidikan seni rupa yang banyak mengkaji batik dalam konteks seni, budaya, dan pendidikan. Berangkat dari latar belakang seni rupa dan pendidikan seni, ia menaruh perhatian pada transformasi batik di tengah arus globalisasi melalui proses re-invensi, diversifikasi, dan dialog antara tradisi dan inovasi. Kontribusi keilmuannya tampak dalam pengembangan Pendekatan Dialektika Budaya dalam Pendidikan Seni, yang memosisikan seni sebagai ruang negosiasi antara nilai lokal dan dinamika global, serta konsep Integrasi Literasi Visual dengan Warisan Budaya Batik sebagai medium pembentukan kepekaan estetik, refleksi nilai, dan kreativitas peserta didik. Melalui riset dan gagasannya, Prof. Syakir mendorong pendidikan seni rupa yang memerdekakan kreativitas tanpa melepaskan akar budaya.

Prof. Dr. Drs. Suhadi, S.H., M.Si. (Profesor Bidang Ilmu Hukum Pertanahan)

Sebagai pakar ilmu hukum pertanahan, Prof. Dr. Suhadi menekuni kajian mengenai penguasaan dan pemilikan tanah, khususnya dalam konteks keadilan agraria perkotaan. Berangkat dari latar belakang pendidikan hukum dan ketahanan nasional, ia melihat bahwa penguasaan dan pemilikan tanah di kota-kota besar masih menyisakan ketimpangan struktural, di mana kelompok rentan kerap terpinggirkan tanpa kepastian hukum hunian. Melalui pendekatan sosio-legal, Prof. Suhadi menawarkan gagasan Reforma Agraria Perkotaan Berbasis Kolaborasi, sebuah terobosan untuk merajut peran pemerintah, akademisi, dan civil society demi mewujudkan penguasaan serta pemilikan tanah yang berkepastian hukum. Pemikirannya tertuang dalam berbagai karya penting tentang hukum rumah susun, pengadaan tanah, tanah wakaf, hingga perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan yang menegaskan keberpihakannya pada hak hunian layak, ketahanan pangan, dan hukum pertanahan yang bernafaskan kemanusiaan serta berkarakter kebangsaan.

Prof. Dr. Drs. Hermawan Pamot Raharjo, M.Pd. (Profesor Bidang  Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani)

Prof. Dr. Hermawan Pamot Raharjo adalah akademisi di bidang pendidikan jasmani dan olahraga yang fokus pada pengembangan pembelajaran PJOK di sekolah. Berangkat dari keyakinan bahwa pendidikan jasmani merupakan sarana pembentukan karakter dan kecerdasan siswa, ia mengembangkan riset yang berfokus pada penguatan praktik pembelajaran di lapangan. Salah satu kontribusi utamanya adalah inovasi Competition-Based Learning (CBL) untuk jenjang SMA, sebuah model pembelajaran berbasis kompetisi yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa, menumbuhkan sportsmanship, serta mengembangkan keterampilan sosial dan karakter. Temuan risetnya menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK yang terstruktur dan kontekstual mampu memberikan dampak positif bagi proses pendidikan. Kontribusi ilmiah Prof. Hermawan juga tercermin melalui publikasi di berbagai jurnal bereputasi nasional dan internasional di bidang pendidikan dan olahraga.

Prof. Dr. Drs. Herman Budiyono, M. Pd. (Profesor Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia)

Di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, Prof. Dr. Herman Budiyono menaruh perhatian pada pembelajaran keterampilan menulis yang terintegrasi dengan penguatan karakter. Berangkat dari pandangan bahwa pembelajaran menulis tidak berhenti pada capaian teknis menghasilkan teks, ia mengembangkan pembelajaran keterampilan menulis berbasis penguatan karakter, Melalui pembelajaran itu, pembelajaran menulis juga memuat nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kreativitas, dan nilai kebangsaan sebagai bagian integral dari proses belajar. Melalui riset dan pengalamannya dalam pengelolaan pendidikan tinggi, gagasan Prof. Herman berkontribusi nyata pada pengembangan pendidikan bahasa di Indonesia. Hasil risetnya telah dipublikasikan di berbagai forum, jurnal ilmiah nasional, dan jurnal internasional.

Prof. Dr. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum. (Profesor Bidang Pendidikan Musik Sekolah)

Prof. Dr. Syahrul Syah Sinaga adalah pakar pendidikan musik yang fokus pada penguatan musik lokal dalam pembelajaran di sekolah. Berangkat dari kegelisahan atas terpinggirkannya repertoar musik tradisi di sekolah, ia mengembangkan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan kearifan lokal dengan media digital. Kontribusinya antara lain diwujudkan melalui pengembangan platform E-Local Tunes, penciptaan lagu trilingual, pelatihan guru musik, serta pendekatan dekolonisasi dalam pendidikan musik. Risetnya menunjukkan bahwa integrasi teknologi dan musik lokal mampu menumbuhkan kesadaran identitas, toleransi, dan kebanggaan budaya pada peserta didik, sekaligus membawa karya seni anak bangsa tampil di forum internasional melalui program Muhibah Seni.

Kontributor: Ananda Fathiyyah Utami

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.