Program Studi: Ilmu Politik
Departemen: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Expertise : Kebijakan Pendidikan
Ngabiyanto, pria kelahiran Blora, 3 Januari 1965 menyelesaikan Program Doktor Bidang Studi Pembangunan dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga tahun 2019. Sebelumnya, menyelesaikan program Magister Ketahanan Nasional dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1999, dan Sarjana Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan dari IKIP Semarang tahun 1989. Pendidikan Dasar dan Menengah beliau tamatkan di SPG Negeri Blora tahun 1984, SMP Negeri 1 Randublatung Kab. Blora tahun 1981, dan SD Negeri Sumber 1 Kradenan Kab. Blora tahun 1977.
Sejak tahun 1990 diangkat dan mengabdi sebagai dosen di IKIP Semarang (sekarang Universitas Negeri Semarang). Pernah mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Pusat Penelitian Sosial dan Humaniora lemlit (2002-2006), Kepala Pusat Pendidikan Profesi Guru (2013-2015), Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial (2015-2018), Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (2018-2019), Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (2019-2021 dan 2021-2023), dan sekarang sebagai Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Sistem Informasi (2023-sekarang). Selain di UNNES, Ngabiyanto juga aktif di kegiatan organisasi profesi, yakni Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia.
Selain aktif memberi kuliah, Ngabiyanto juga aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menulis buku, publikasi karya ilmiah dalam berbagai jurnal nasional maupun internasional, serta menjadi narasumber dalam berbagai pertemuan ilmiah. Beberapa karya ilmiah yang dipublikasikan diantaranya: Teachers’ Performance During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: Causality and Comparison, European Journal of Educational Research (EUJER) Vol. 12 No. 1 (2023); Analysis of the principal’s performance during COVID-19 pandemic: It’s impact on teacher’s performance, Pegem Journal of Education and Instruction Vol. 13 No. 1 (2022); Development of a Facilitition-Based Training Model to Improve The TPACK of The Community of Moving Teachers, Guste Lecture Centre of Educational & Psychological Assessment Fakulty of Education Universiti Malaya (2022); E-Learning Evaluation Using General Extended Technology Acceptance Model Approach at Schools in COVID-19 Pandemic, European Journal of Educational Research (EUJER) Vol. 10 No. 3 (2021).