Optimalisasi Numerical Literacy Skills, Tim PKM-RSH UNNES Kembangkan ROBO-VR

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menghadirkan inovasi dalam bidang pendidikan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu ROBO-VR. Inovasi ini dirancang untuk mengoptimalkan numerical literacy skills siswa melalui pengalaman belajar yang interaktif dan imersif, sejalan dengan komitmen UNNES dalam mendukung pendidikan berkualitas dan inovatif.

Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai peserta utama, dengan uji coba dilakukan pada siswa SMP Negeri 23 Semarang. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan guru matematika di sekolah tersebut untuk memastikan efektivitas dan keberterimaan media pembelajaran yang dikembangkan.

Permasalahan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah rendahnya tingkat numerical literacy skills di Indonesia. Hasil survei pendidikan menunjukkan bahwa banyak siswa kesulitan memahami konsep matematika yang bersifat abstrak, terutama pada materi luas permukaan bangun ruang. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya media pembelajaran yang menarik, relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital masa kini.

Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, tim dari Program Studi Pendidikan Matematika UNNES yang diketuai oleh Mey Tri Anggraheni, bersama anggota Hasna’ Azzah Yumna, Nisirna Paramita Hanifah, Farhan Ashidiqi, dan Muhammad Rafi’ul Annam, mengembangkan media pembelajaran ROBO-VR (Roblox-Based Virtual Reality Learning Media). Media ini mengintegrasikan platform Roblox dengan virtual reality (VR), sehingga siswa dapat belajar konsep matematika secara langsung dalam lingkungan virtual tiga dimensi.

Mereka dibimbing langsung oleh Adi Satrio Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.,

Menurut penjelasan ketua tim, Mey Tri Anggraheni, pembelajaran melalui Robo-VR menggunakan model challenge based on ethnomathematics learning dengan mengambil konteks bangunan bersejarah di Kota Semarang, seperti Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Gedung Marba.

Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar menghitung luas permukaan bangun ruang secara matematis, tetapi juga mengenal nilai sejarah dan budaya lokal.

“Kami ingin menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, di mana siswa tidak hanya memahami materi luas permukaan bangun ruang secara abstrak, tetapi juga mampu mengaitkannya dengan konteks nyata di sekitar mereka.” tambah Mey.

Dampak dari kegiatan ini terlihat nyata setelah pelaksanaan uji coba di SMP Negeri 23 Semarang. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian, ROBO-VR dinilai layak, efektif, dan mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa. Para siswa menyatakan bahwa media ini membantu mereka lebih mudah memahami konsep matematika yang sebelumnya sulit, sementara guru menilai bahwa media ini meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu guru matematika mengungkapkan ketertarikannya untuk menggunakan ROBO-VR secara berkelanjutan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Selain memberikan dampak terhadap peningkatan literasi numerik, inovasi ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas (Quality Education). ROBO-VR menjadi contoh nyata kontribusi UNNES dalam menghadirkan pembelajaran berbasis teknologi yang inklusif, menarik, dan kontekstual.

Aspek keberlanjutan dari kegiatan ini juga telah direncanakan dengan baik. Tim berkomitmen untuk mengembangkan versi lanjutan ROBO-VR dengan menambahkan materi matematika lainnya, serta menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah di wilayah lain untuk memperluas dampak implementasi. Dalam jangka panjang, media ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era digital.

Melalui pengembangan ROBO-VR , UNNES menunjukkan perannya dalam mendorong inovasi pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran bermakna, kontekstual, dan berkelanjutan bagi generasi masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.