Dalam upaya memperluas jejaring akademik dan memperkuat kolaborasi pendidikan antarperguruan tinggi, Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kunjungan kerja ke Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (UNDIP) pada 12 November 2025. Kegiatan ini dipimpin oleh Koordinator Prodi Fisika FMIPA UNNES, Prof. Dr. Masturi, M.Si., didampingi oleh Dr. Sunarno, M.Si. serta anggota Gugus MBKM Prodi Fisika, Fifin Dewi Ratnasari, M.Sc.. Rombongan diterima dengan hangat oleh para peneliti di Laboratorium Fisika FSM UNDIP, yaitu Dr. Eng. Udi Harmoko, S.Si., M.Si. dan Dr. Irham Nurwidyanto, M.T.
Pertemuan berlangsung dalam suasana penuh semangat akademik dan kolaboratif. Diskusi utama membahas pelaksanaan program magang mahasiswa Prodi Fisika UNNES di UNDIP yang telah berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata terhadap kegiatan penelitian di Departemen Fisika UNDIP. Program ini dinilai berhasil membekali mahasiswa dengan pengalaman riset di laboratorium, khususnya dalam bidang fisika medis dan material medis. Dalam kesempatan tersebut juga dibahas peluang keberlanjutan program magang di tahun-tahun mendatang, termasuk kemungkinan integrasi kegiatan magang dengan penyusunan tugas akhir (skripsi), serta perluasan tema ke bidang lain seperti fisika material, instrumentasi, energi, komputasi, dan Kebumian.

Koordinator Prodi Fisika FMIPA UNNES, Prof. Dr. Masturi, M.Si., menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan keterbukaan dari Departemen Fisika UNDIP. “Kami memandang kerja sama ini sebagai wujud nyata dari komitmen dalam mencapai pendidikan berkualitas (SDG 4) dan memperkuat kemitraan untuk tujuan bersama (SDG 17). Melalui kolaborasi seperti ini, mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga memperoleh pengalaman praktis dan penelitian yang relevan dengan tantangan zaman,” ungkapnya. Prof. Masturi juga menegaskan bahwa UNNES berkomitmen menjaga keberlanjutan hubungan ini melalui penguatan skema magang, riset bersama, serta kegiatan pengembangan kapasitas mahasiswa di masa depan.





