TIM PENGABDI FMIPA UNNES SUKSES GELAR PELATIHAN PJBL-STEAM BERBANTUAN CANVA PADA GURU IPA SMP KOTA SEMARANG

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Berita/TIM PENGABDI FMIPA UNNES SUKSES GELAR PELATIHAN PJBL-STEAM BERBANTUAN CANVA PADA GURU IPA SMP KOTA SEMARANG

Tim Pengabdi FMIPA Universitas Negeri Semarang sukses menggelar pelatihan PJBL-STEAM berbantuan Canva pada Guru IPA Kota Semarang. Kegiatan yang dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang tersebut diikuti oleh 40 guru dari berbagai SMP Kota Semarang, Selasa (11/6). Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan oleh Kepala SMP Negeri 41 Semarang, Ibu Ina Istiana, S.Pd., M.Pd, Ketua MGMP IPA Kota Semarang, Bapak Sukimin, M.Pd., dan Ketua Pengabdian, Bapak Arif Widiyatmoko, Ph.D., dan diakhiri dengan do’a bersama.

            Pelatihan diisi oleh pemateri-pemateri dari Tim Pengabdi FMIPA Unnes. Mereka adalah Arif Widiyatmoko, Ph.D, Septiko Aji, M.Pd., Fidia Fibriana, Ph.D, Melissa Salma Darmawan, S.Pd, Alfiana Nur Rosita Mayanti, S.Pd, dan Luky Hidayat. Dalam pelatihan tersebut, peserta memperoleh materi mengenai Project based-learning (PJBL), desain Canva, dan implementas PjBL-STEAM dalam materi energi, kemudian dilanjutkan dengan mendesain poster digital di Canva terkait proyek STEAM, serta praktik langsung proyek PJBL-STEAM dengan produk sederhana. Proyek yang dihasilkan oleh guru IPA berupa wind generator, science car, traffic light science, sweeping robot, dan solar panel car.

            “Saya berterima kasih kepada tim pengabdi FMIPA UNNES karena telah mengadakan pengabdian berupa pelatihan PjBL-STEAM berbantuan Canva, kami para guru sangat antusias dengan adanya materi disertai praktik langsung sehingga akan lebih mudah memahami implementasi PJBL STEAM dalam pembelajaran IPA, termasuk pembuatan poster digital dengan memanfaatkan fitur-fitur di Canva,” ujar Sukimin, M.Pd selaku Ketua MGMP IPA Kota Semarang.

Keresahan Guru

            Sebagai mitra dari FMIPA UNNES, MGMP IPA SMP Kota Semarang belum familiar untuk memanfaatkan fitur-fitur Canva secara detail. Ketua MGMP IPA menyampaikan bahwa para guru saat ini masih memiliki keterbatasan dalam membuat media pembelajaran berbasis PjBL-STEAM serta penerapannya kepada siswa saat pembelajaran di dalam kelas. Alhamdulillah, Selasa (11/6/2024) telah terlaksana pelatihan PjBL-STEAM berbantuan Canva pada Guru IPA Kota Semarang. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Tepat pukul 08.30 WIB pelatihan dimulai.

            Narasumber berusaha memberikan penjelasan dengan baik dan memberikan praktik langsung berkaitan pemanfaatan fitur-fitur pada media Canva serta implementasi PjBL-STEAM di kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan melatih kreativitas. Sebagai penguatan, tim pengabdi melakukan praktik PjBL-STEAM berbantuan Canva dengan membagi guru IPA ke dalam 8 kelompok. Praktik berupa perancangan proyek IPA dalam bentuk alat peraga STEAM. Proyek tersebut berhubungan erat dengan konsep energi pada pelajaran IPA khususnya pada topik krisis energi.

            Pemateri menyampaikan permasalahan terkait krisis energi dengan pemantik mentimeter dan berbantuan media LKPD PjBL-STEAM. Kemudian guru bersama rekan kelompok menganalisis unsur STEAM dan merancang desain sesuai topik yang telah didapatkan masing-masing kelompok untuk menyelesaikan permasalahan terkait materi energi. Guru mengisi pertanyaan-pertanyaan pada LKPD PjBL-STEAM. Kemudian dilanjutkan dengan praktik merakit proyek STEAM sesuai dengan topik yang didapatkan. Guru sangat antusias dalam merakit proyek STEAM tersebut. Pada saat merakit proyek jika terdapat kendala tim pengabdi FMIPA secara sigap membantu dalam mengatasi kesulitan yang dialami. Setiap kelompok berhasil membuat proyek STEAM. Kemudian setiap kelompok menganalisis dan mempresentasikan unsur STEAM pada produk tersebut dan menganalisis keterkaitannya dengan konsep energi.

Praktik proyek PJBL-STEAM “Science car”

            “Kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan PjBL-STEAM berbantuan Canva dapat mengarahkan guru untuk mendesain pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan relevan dengan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka dan program P5. Harapannya adanya pelatihan ini guru mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran dan membimbing siswa untuk mengikuti berbagai ajang perlombaaan terkait STEM, lomba OPSI, coding dan robotik, maupun lomba lainnya. Selain itu guru juga diharapkan mampu mendesain pembelajaran STEAM yang menarik pada berbagai topik IPA lainnya yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PjBL-STEAM, “ Ungkap Arif Widiyatmoko, Ph.D selaku ketua tim pengabdi.

            Sebagai penutup kegiatan diadakan sesi diskusi dan tanya jawab kepada peserta pengabdian terkait inovasi apa yang akan dikembangkan dalam proyek STEAM tersebut. Kemudian beberapa peserta menyampaikan gagasanya dengan baik dan kritis jika akan mengembangkan proyek STEAM dengan menggunakan energi alternatif, sehingga dapat mengatasi permasalahan krisis energi dan lebih ramah lingkungan. Peserta yang berhasil mengungkapkan gagasannya kemudian diberi prototipe solar panel car sebagai bentuk apresiasi. Kegiatan pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama. Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi Guru IPA SMP di Kota Semarang dalam mengimplentasikan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari supaya dapat meningkatkan berpikir kreatif.

Foto Tim Pengabdi FMIPA UNNES bersama MGMP IPA Kota Semarang

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.