Tim Pengabdi FMIPA Universitas Negeri Semarang sukses menggelar pelatihan PJBL-STEAM berbantuan Canva pada Guru IPA Kota Semarang. Kegiatan yang dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang tersebut diikuti oleh 40 guru dari berbagai SMP Kota Semarang, Selasa (11/6). Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan oleh Kepala SMP Negeri 41 Semarang, Ibu Ina Istiana, S.Pd., M.Pd, Ketua MGMP IPA Kota Semarang, Bapak Sukimin, M.Pd., dan Ketua Pengabdian, Bapak Arif Widiyatmoko, Ph.D., dan diakhiri dengan do’a bersama.
Pelatihan diisi oleh pemateri-pemateri dari Tim Pengabdi FMIPA Unnes. Mereka adalah Arif Widiyatmoko, Ph.D, Septiko Aji, M.Pd., Fidia Fibriana, Ph.D, Melissa Salma Darmawan, S.Pd, Alfiana Nur Rosita Mayanti, S.Pd, dan Luky Hidayat. Dalam pelatihan tersebut, peserta memperoleh materi mengenai Project based-learning (PJBL), desain Canva, dan implementas PjBL-STEAM dalam materi energi, kemudian dilanjutkan dengan mendesain poster digital di Canva terkait proyek STEAM, serta praktik langsung proyek PJBL-STEAM dengan produk sederhana. Proyek yang dihasilkan oleh guru IPA berupa wind generator, science car, traffic light science, sweeping robot, dan solar panel car.
“Saya berterima kasih kepada tim pengabdi FMIPA UNNES karena telah mengadakan pengabdian berupa pelatihan PjBL-STEAM berbantuan Canva, kami para guru sangat antusias dengan adanya materi disertai praktik langsung sehingga akan lebih mudah memahami implementasi PJBL STEAM dalam pembelajaran IPA, termasuk pembuatan poster digital dengan memanfaatkan fitur-fitur di Canva,” ujar Sukimin, M.Pd selaku Ketua MGMP IPA Kota Semarang.
Keresahan Guru
Sebagai mitra dari FMIPA UNNES, MGMP IPA SMP Kota Semarang belum familiar untuk memanfaatkan fitur-fitur Canva secara detail. Ketua MGMP IPA menyampaikan bahwa para guru saat ini masih memiliki keterbatasan dalam membuat media pembelajaran berbasis PjBL-STEAM serta penerapannya kepada siswa saat pembelajaran di dalam kelas. Alhamdulillah, Selasa (11/6/2024) telah terlaksana pelatihan PjBL-STEAM berbantuan Canva pada Guru IPA Kota Semarang. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Tepat pukul 08.30 WIB pelatihan dimulai.
Narasumber berusaha memberikan penjelasan dengan baik dan memberikan praktik langsung berkaitan pemanfaatan fitur-fitur pada media Canva serta implementasi PjBL-STEAM di kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan melatih kreativitas. Sebagai penguatan, tim pengabdi melakukan praktik PjBL-STEAM berbantuan Canva dengan membagi guru IPA ke dalam 8 kelompok. Praktik berupa perancangan proyek IPA dalam bentuk alat peraga STEAM. Proyek tersebut berhubungan erat dengan konsep energi pada pelajaran IPA khususnya pada topik krisis energi.
Pemateri menyampaikan permasalahan terkait krisis energi dengan pemantik mentimeter dan berbantuan media LKPD PjBL-STEAM. Kemudian guru bersama rekan kelompok menganalisis unsur STEAM dan merancang desain sesuai topik yang telah didapatkan masing-masing kelompok untuk menyelesaikan permasalahan terkait materi energi. Guru mengisi pertanyaan-pertanyaan pada LKPD PjBL-STEAM. Kemudian dilanjutkan dengan praktik merakit proyek STEAM sesuai dengan topik yang didapatkan. Guru sangat antusias dalam merakit proyek STEAM tersebut. Pada saat merakit proyek jika terdapat kendala tim pengabdi FMIPA secara sigap membantu dalam mengatasi kesulitan yang dialami. Setiap kelompok berhasil membuat proyek STEAM. Kemudian setiap kelompok menganalisis dan mempresentasikan unsur STEAM pada produk tersebut dan menganalisis keterkaitannya dengan konsep energi.
Praktik proyek PJBL-STEAM “Science car”
“Kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan PjBL-STEAM berbantuan Canva dapat mengarahkan guru untuk mendesain pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan relevan dengan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka dan program P5. Harapannya adanya pelatihan ini guru mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran dan membimbing siswa untuk mengikuti berbagai ajang perlombaaan terkait STEM, lomba OPSI, coding dan robotik, maupun lomba lainnya. Selain itu guru juga diharapkan mampu mendesain pembelajaran STEAM yang menarik pada berbagai topik IPA lainnya yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PjBL-STEAM, “ Ungkap Arif Widiyatmoko, Ph.D selaku ketua tim pengabdi.
Sebagai penutup kegiatan diadakan sesi diskusi dan tanya jawab kepada peserta pengabdian terkait inovasi apa yang akan dikembangkan dalam proyek STEAM tersebut. Kemudian beberapa peserta menyampaikan gagasanya dengan baik dan kritis jika akan mengembangkan proyek STEAM dengan menggunakan energi alternatif, sehingga dapat mengatasi permasalahan krisis energi dan lebih ramah lingkungan. Peserta yang berhasil mengungkapkan gagasannya kemudian diberi prototipe solar panel car sebagai bentuk apresiasi. Kegiatan pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama. Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi Guru IPA SMP di Kota Semarang dalam mengimplentasikan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari supaya dapat meningkatkan berpikir kreatif.
Foto Tim Pengabdi FMIPA UNNES bersama MGMP IPA Kota Semarang