Seminar Nasional IPA XIV telah terselenggarakan dengan sukses oleh Prodi Pendidikan IPA dan Prodi Ilmu Lingkungan, FMIPA, UNNES berkerjasama dengan PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia) pada hari Sabtu, 18 Mei 2024. Seminar kali ini mengangkat tema “Transformasi Pendidikan IPA Masa Depan melalui Pembentukan Guru Profesional yang Berwawasan Lingkungan untuk Mendukung Pencapaian SDGs”. Kegiatan Seminar Nasional IPA XIV ini diikuti oleh 400 lebih orang peserta terdaftar yang terdiri dari pemakalah dan peserta non pemakalah. Peserta seminar berasal dari dua belas provinsi, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Bali.
Seminar dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UNNES, Prof Dr Edy Cahyono, M.Si. dan dihadiri juga oleh Prof. Dr. Parmin, M.Pd selaku Sekretaris Jendral PPII, Bapak Prof. Dr. Wiyanto, M.Si selaku Koorprodi S3 Pendidikan IPA, Bapak Prasetyo Listiadji, S.Pd., M.Sc. selaku Koorprodi S1 Pendidikan IPA dan Ibu Dr. Andhina Putri Heriyanti, M.Si selaku Koorprodi S1 Ilmu Lingkungan. Seminar Nasional IPA XIV ini mengundang narasumber dengan kepakaran kebijakan pendidikan serta lingkungan. Narasumber Utama yaitu Ibu Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd (Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI) yang mengangkat judul Pembentukan Guru Profesional yang Berwawasan Lingkungan untuk Mendukung Pencapaian SDGs, sedangkan Ibu Prof. Dr. Hartuti Purnaweni, MPA (Universitas Diponegoro), dengan topik Literasi Lingkungan untuk Siswa dan Mahasiswa, serta Ibu Dr. Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd (UNNES) menyampaikan tentang Transformasi Pendidikan IPA untuk Masa Depan yang Berkelanjutan.
Bapak Abdul Jabbar, S.Si., M.Ling. selaku Ketua Panitia Seminar Nasional IPA XIV, mengungkapkan bahwa kegiatan seminar ini dirancang sebagai ajang pertemuan para pelaksana pendidikan IPA, pemerhati bidang IPA dan lingkungan melalui berbagi pengetahuan, diskusi topik dan hasil penelitian berkaitan inovasi dalam pembelajaran IPA, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bidang studi IPA, serta penelitian bidang lingkungan. Diskusi dan kesimpulan dari acara ini akan menjadi landasan dalam mendorong transformasi positif dalam pembentukan guru profesional yang berwawasan konservasi untuk menduung pencapaian SDG’s.