Sumber belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, baik bagi peserta didik, guru, maupun individu yang ingin terus belajar dan berkembang. Kesulitan peserta didik SMK dalam menemukan sumber belajar matematika menjadi masalah yang perlu diselesaikan. Minimnya sumber belajar matematika dan pemanfaatan teknologi juga menjadi tantangan bagi guru dalam pembelajarannya.
Berdasarkan latar belakang ini, tim proyek kepemimpinan dengan ketua Yudhi Wahyu Adi, S.Pd. dengan bimbingan Dr. Bambang Eko Susilo, S.Pd., M.Pd. membuat sebuah terobosan inovatif dengan menyediakan wadah atau penyedia sumber belajar matematika secara digital melalui website yang menarik dan fleksibel yang diberi nama “PLASMA: Platform Sumber Belajar Matematika” untuk jenjang SMA/SMK yang mudah diakses oleh peserta didik dan juga guru.
Untuk akses sumber belajar matematika yang fleksibel dan praktis bagi peserta didik SMA/SMK, PLASMA dikembangkan dengan bantuan Google Sites dengan alamat website https://sites.google.com/view/plasma-platform-sumber-belajar/ dan dapat diakses melalui scan barcode. PLASMA menyediakan sumber belajar materi Matematika untuk kelas X, XI, dan XII SMK berupa softfile PDF dan video pembelajaran. Sasaran awal projek ini adalah peserta didik di SMK Negeri 7 Semarang, SMK Negeri 9 Semarang, SMK Negeri 10 Semarang, dan SMK Negeri 11 Semarang. Kegiatan Soft Launching PLASMA dilaksanakan pada 19 April 2024 lalu di SMK Negeri 11 Semarang bersama dengan perwakilan peserta didik dan guru pengampu Mata Pelajaran Matematika. Beragam respon positif diberikan paserta didik dan guru untuk kemudahan akses sumber belajar yang disediakan. Karya inovatif PLASMA: Platform Sumber Belajar Matematika ini merupakan salah satu wujud konservasi UNNES dengan nilai karakter inovatif dalam pembelajaran Matematika SMA/SMK, diharapkan dapat membantu para peserta didik dan guru dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas.