Amazing Mathematics Activity Area Sebagai Revenue Generated Bagi FMIPA

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Gagasan/Amazing Mathematics Activity Area Sebagai Revenue Generated Bagi FMIPA

Foto isti out doorGagasan ini merupakan gagasan yang muncul mengacu pada kondisi perkembangan laboratorium pendidikan matematika selama ini. Lebih dari 20 tahun yang lalu, laboratorium pendidikan matematika telah menerima kunjungan dari sekolah-sekolah mulai dari jenjang TK hingga SMA. Melalui kunjungan laboratorium tersebut, siswa-siwa diajak untuk belajar menambah pengetahuan tentang matematika. Laboratorium dasar dengan berbagai alat peraga pembelajaran matematika, laboratorium pengembangan dengan media audio visual, ditunjang dengan laboratorium komputer. Salah satu unggulan laboratorium pendidikan matematika adalah keberadaan alat peraga pembelajaran matematika. Pengembangan alat peraga matematika terus dilakukan hingga saat ini melalui kegiatan penelitian-penelitian besar. Tidak hanya penelitian saja, keberadaan mata kuliah (misalnya, mata kuliah Media Pendidikan Matematika 1 dan 2 sangat mendukung munculnya ide penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi (pengajaran/perkuliahan-penelitian-pengabdian masyarakat), alat peraga-alat peraga ini bisa terus dikembangkan mengikuti perkembangan jaman. Lebih lanjut, penelitian pendidikan matematika juga sangat beragam seperti penelitian tentang model-model pembelajaran inovatif, model pelatihan guru, model pembelajaran calon guru, media visual maupun virtual yang telah banyak dilakukan oleh pada dosen di Jurusan Matematika. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) kepada sekolah-sekolah juga telah dilakukan oleh dosen-dosen yang memiliki kepakaran terkait. Kegiatan-kegiatan ini bukanlah kegiatan insidental, namun dapat dikatakan sebagai kegiatan terprogram dan rutin. Hasil dari kegiatan perkuliahan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sudah waktunya juga dipublikasikan dalam wujud nyata, masyarakat tidak sekedar membaca, namun dapat melihat dan melakukan secara nyata.

Objek kunjungan yang biasa disajikan adalah melihat display alat peraga (media konkret), media visual, dan virtual secara terbatas. Keterbatasan ini disebabkan karena belum adanya manajemen yang baik. Ketika ada permintaan kunjungan, ketika itu juga dipersiapkan seperti “biasanya”. Alat peraga yang telah dikembangkan tidak hanya sekedar untuk dilihat pengunjung (konsumen), namun konsumen dapat terlibat langsung dalam penggunaan alat peraga tersebut. Alat peraga yang dikembangkan tidak hanya sebatas untuk membantu siswa menemukan konsep/prinsip matematika, namun telah dikembangkan alat peraga individual maupun kelompok untuk menstimuli proses berpikir anak, bahkan mengembangkan karakter anak. Permainan Puzzle Tangram-7 tidak hanya telah diujicobakan dalam riset, namun telah diimplementasikan di masyarakat (Program CSR Petronas Carigali Muriah Ltd di Kelurahan Tanjungmas, Lab. School UNNES, Forum Anak Desa Parereja Kabupaten Brebes, Kampung Matematika Kab. Karanganyar, Sekolah Raja Perempuan Tayah Ipoh Negeri Perak Malaysia, dan SMP N 22 Semarang). Keterlibatan pengunjung (siswa-guru) dalam memanfaatkan produk alat peraga manipulatif maupun permainan sudah mulai dirintis untuk kunjungan akhir tahun 2019. Seperti halnya, APM Menara Hanoi, sebuah permainan kompetitif berkelompok yang menuntut anak untuk bertoleransi, berani mengambil keputusan dengan segera, menghargai keputusan orang lain, dan kompak.

Pembinaan OSN pada umumnya diperuntukkan kepada anak-anak spesial, sehingga bagi anak-anak yang kurang beruntung tidak lolos seleksi untuk mengikuti kelas OSN. Dengan demikian, anak-anak ini tidak akan pernah tahu apa itu OSN, seperti apa soal-soalnya, dan bagaimana proses seleksinya. Di laboratorium matematika dimungkinkan dibuat kelas simulasi OSN, atau olimpiade matematika yang secara rutin telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika. Setiap orang yang berminat untuk mendapatkan pengalaman, dan mengukur kemampuan dirinya dapat mengikuti simulasi kelas OSN/olimpiade matematika di laboratorium matematika. Dalam hal ini siswa dan guru juga bisa berpartisipasi aktif untuk mendapat pengalaman tersebut.

Praktik pembelajaran dengan media visual maupun virtual dapat dilakukan oleh masyarakat di laboratorium matematika. Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran yang dimaksud seperti Augmented Reality, Virtual Reality, pemanfaatan android untuk MathCityMap yang telah dikembangkan oleh Dr. rer.nat. Adi Nur Cahyono, M. Pd., sebagai hasil dari studinya di Jerman., dan masih banyak hal yang dapat dikembangkan dari potensi yang sudah ada di laboratorium matematika, maupun aktivitas mahasiswa dan dosennya.

Taman Matematika dengan Jembatan Königsberg dan Chinese Postman Problem dapat dioptimalkan baik tampilannya maupun pemanfaatan tamannya. Dengan manajemen yang baik dari Jurusan Matematika dan FMIPA, potensi yang ada ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk objek kunjungan sekolah yang berminat, namun dapat dipersiapkan menjadi objek yang amazing yang inovatif dan komersial.

Untuk mewujudkan gagasan Amazing Mathematics Activity Area (AMA-A), terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pengakuan keberadaan dan potensi laboratorium matematika dan aktivitasnya oleh Jurusan Matematika dan FMIPA.
  • Pengakuan keberadaan dan potensi tersebut oleh para dosen dan mahasiswanya, bahkan tenaga kependidikan dan cleaning service.
  • Identifikasi potensi yang ada dan penaggungjawabnya.
  • Terbentuknya struktur organisasi sebagai unit komersial AMA-A.
  • Implementasi manajemen yang baik, sehingga menjamin pengembangan berkelanjutan dan mutu produk, termasuk dilakukan analisis SWOT untuk penyiapan eksistensi produk
  • Diterbitkannya kebijakan atau peraturan terkait

Sebagai penutup dari gagasan ini, saya sampaikan bahwa Amazing Mathematics Activity Area dapat dirancang untuk memberikan pendapatan langsung maupun tidak langsung. Untuk yang tidak langsung, maka dibutuhkan pendukung lainnya.

Dr. Isti Hidayah, M.Pd adalah dosen di Jurusan Matematika yang fokus terhadap pengembangan alat peraga pembelajaran matematika. Penelitiannya telah sampai pada tahap hilirisasi industri dan kajian manajemen. Saat ini, Isti Hidayah adalah Koordinator PUI Pendidikan dan Ketua Gugus Inovasi dan Komersialisasi Pascasarjana. Di samping itu, Isti Hidayah juga menjadi reviewer program pengabdian kepada masyarakat DRPM sejak tahun 2004-sekarang, dan reviewer internal penelitian (bersertifikat Nasional)

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.