Menggapai Asa di Kelas Inklusi: UNNES Dampingi Guru SD di Kota Pekalongan

Pendidikan inklusif menjadi salah satu isu yang terus mendapat perhatian di Kota Pekalongan. Berdasarkan data Dinas Pendidikan setempat, lebih dari 700 peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) teridentifikasi berada di jenjang Sekolah Dasar pada 9 Juli 2025. Jumlah ini menunjukkan bahwa sekolah-sekolah reguler di Pekalongan dihadapkan pada tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan semua siswa secara adil, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Meski demikian, banyak guru SD yang belum sepenuhnya memahami pendekatan dan strategi pengelolaan kelas inklusi secara tepat. Keterbatasan pengetahuan, pengalaman, serta kurangnya forum pelatihan khusus menjadi salah satu kendala utama. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (FIPP UNNES) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bertajuk “Menggapai Asa Bersama Anak Berkebutuhan Khusus melalui Penguatan Kompetensi Guru dalam Mengelola Kelas Sekolah Inklusi Kota Pekalongan.”

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, pelatihan ini diikuti oleh 30 guru Sekolah Dasar dari berbagai sekolah inklusi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian dosen FIPP UNNES yang didanai oleh fakultas dan ditujukan untuk memperkuat kapasitas guru dalam menerapkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif di ruang kelas.

Ketua pelaksana kegiatan, Woro Apriliana Sari, M.Psi., Psikolog, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah peningkatan pemahaman sekaligus penguatan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran inklusif.

“Kami tidak hanya ingin membekali guru dengan teori, tetapi juga memfasilitasi proses refleksi dan praktik, termasuk pendampingan setelah pelatihan selesai,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Mabruri, yang hadir dalam pembukaan kegiatan, memberikan apresiasi atas kolaborasi ini.

“Saat ini Pemerintah Kota Pekalongan tengah berupaya memperkuat layanan pendidikan inklusif. Dengan jumlah PDBK yang cukup besar, maka pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan untuk membekali guru-guru kita agar siap menjalankan peran di sekolah inklusi,” jelasnya.

Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber dari FIPP UNNES yang membawakan materi secara tematik dan aplikatif. Materi pertama disampaikan oleh Laila Listiana Ulya, M.Psi., Psikolog, yang mengulas jenis-jenis anak berkebutuhan khusus melalui studi kasus. Ia menekankan bahwa pemahaman karakteristik individu menjadi fondasi penting dalam membangun kelas yang inklusif, responsif, dan adaptif.

Materi kedua disampaikan oleh Hasna Pratiwi, M.Psi., Psikolog, yang memfokuskan pada strategi dukungan positif bagi guru. Dalam pemaparannya, ia mengajak para peserta untuk membangun relasi empatik dengan siswa, menerapkan pendekatan berbasis penguatan (positive reinforcement), serta menciptakan suasana belajar yang aman dan memberdayakan semua peserta didik.

Materi ketiga dibawakan oleh Adelina Rahmawati, M.Psi., Psikolog, yang membahas penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI). Ia menegaskan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga ahli agar PPI yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak.

Untuk memastikan keberlanjutan penguatan kompetensi pasca pelatihan, tim pengabdian merancang sesi pemantauan dan diskusi daring yang akan difasilitasi oleh Edwindha Prafitra Nugraheni, M.Pd., Kons. Kegiatan monitoring ini bertujuan memfasilitasi refleksi praktik di kelas dan mendampingi guru dalam menghadapi tantangan nyata selama tahun ajaran berjalan.

Kegiatan ditutup dengan diskusi terbuka, di mana para guru menyampaikan pengalaman dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kelas inklusi. Beberapa isu yang muncul di antaranya adalah keterbatasan sumber daya pendukung, komunikasi dengan orang tua siswa, serta adaptasi kurikulum.

Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud nyata sinergi antara UNNES dan Dinas Pemerintah Kota Pekalongan dalam upaya mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan. Melalui kolaborasi ini, FIPP UNNES berupaya mendekatkan peran akademisi dengan kebutuhan konkret masyarakat, khususnya di dunia pendidikan dasar. Komitmen untuk terus mendampingi guru menjadi bagian dari strategi berkelanjutan yang diharapkan membawa dampak positif jangka panjang bagi dunia pendidikan di Pekalongan dan sekitarnya.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.