LP3 dan Tim Penelitian UNNES Tingkatkan Kompetensi TPACK Guru Melalui Pelatihan

Lembaga Pengembangan, Pendidikan, dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Tim Peneliti yang diketuai oleh Dr Ngabiyanto MSi melaksanakan kegiatan Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK), Sabtu (12/8) di SD Labschool UNNES.

Pelatihan ini merupakan pertemuan kedua sebagai rangkaian pelatihan terstruktur. Pelatihan dihadiri oleh 25 guru dari SD Labschool UNNES dan beberapa sekolah di sekitarnya. Pelatihan menghadirkan narasumber dari University Malaya Assoc Prof Dr Fonny Dameaty Hutagalung, serta nasasumber dari UNNES Prof Dr Ani Rusilowati MPd, Dr. Ngabiyanto MSi, Arif Widiyatmoko SPd MPd PhDEd dan Asep Purwo Yudi Utomo SPd MPd.

Pelatihan ini merupakan rangkaian penelitian yang bertujuan mengembangkan keterampilan TPACK bagi guru. Guru diberikan wawasan mengenai TPACK secara umum serta unsur yang terdapat dalam TPACK seperti penguasaan teknologi, keterampilan pedagogi, penguasaan keterampilan bidang, sehingga dari berbagai pengetahuan TPACK ini diharapkan dapat menningkatkan kompetensi guru untuk melaksanakan pembelajaran abad 21.

Penelitian ini juga akan dilakukan di Malaysia bekerja sama dengan Universiti Malaya, Malaysia (QS 65 World Rank).

Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber sesuai dengan bagian masing-masing. Assoc Prof Dr Fonny Dameaty Hutagalung menyampaikan tentang kondisi pendidikan di Malaysia, proses pembelajaran yang dilakukan, sampai pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan di Malaysia.

Menurutnya bahwa proses pendidikan karakter di Malaysia bergantung pada sekolah yang dipilih. Peserta didik dapat memilih sekolah yang sesuai kriteria mereka masing-masing. Oleh sebab itu, Kementerian Pendidikan di Malaysia memberikan aturan hal apa saja yang harus sama dan apa saja yang boleh berbeda.

Arif Widiyatmoko SPd MPd PhDEd menyampaikan tentang konsep TPACK, revolusi industri, tantangan bagi guru pada era revolusi industri 4.0, dan prinsip dasar pendidikan yang seharusnya berfokus pada pendidikan karakter. Selain itu, proses pembelajaran saat ini sama sekali berbeda dengan kondisi pembelajaran ketika guru itu sekolah. Hal inilah yang menjadi tantangan seorang guru untuk menjadi fasilitator dalam proses pendidikan sesuai denga filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.

Prof Dr Ani Rusilowati MPd menjelaskan materi tentang berbagai model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang dipilih sangat menentukan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, beliau menyampaikan berbagai permasalahan dalam memilih model pembelajaran, di antaranya guru merasa kesulitan untuk memilih variasi model pembelajaran yang inovatif dan kurangnya alokasi waktu dalam satu pertemuan.

Dr Ngabiyanto MSi menegaskan pentingnya kualitas guru agar mampu menggerakkan sekolah menjadi lebih maju dan berkualitas. Peningkatan kualitas juga harus dilakukan secara mendasar dengan meningkatkan SDM yang menguasai teknologi, pedagogik, dan penguasaan materi yang lengkap.

Pelatihan berlangsung lancar dengan antusias dari peserta ketika sesi diskusi. Peserta pelatihan saling memberikan pendapat dan tanggapan terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan penyampaian materi sekaligus praktik mengajar dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis TPACK yang dipandu oleh Asep Purwo Yudi Utomo SPd MPd.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.