Bagi kebanyakan siswa, Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit. Dalam pelajaran ini tidak hanya kemampuan berhitung yang dibutuhkan, tetapi kemampuan berpikir kreatif juga sangat diasah terutama pada materi bangun ruang. Tak sedikit peserta didik yang kurang mengerti bahkan menyerah dengan materi bangun ruang ini.
Berdasarkan permasalahan di atas, tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Himaniora (PKM-RSH) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menciptakan inovasi pembelajaran melalui pengembangan Augmented Reality Comic Book berorientasi Temanggung culture. Inovasi ini juga terintegrasi challenge based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Augmented Reality Comic Book merupakan salah satu sumber belajar materi bangun ruang sisi datar yang disusun untuk siswa kelas VIII.
Dengan sumber belajar ini peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang baru melalui cerita menarik dan nuansa budaya Temanggung yang dihadirkan pada komik. Dengan Augmented Reality Comic Bookpeserta didik akan lebih memahami konsep bangun ruang dengan lebih mudah karena didukung dengan Augmented Reality.
Tim ini diketuai oleh Annisa Wulandari (Pendidikan Matematika 2020) dan beranggotakan Sabila Hanifa Rahmadani (Pendidikan Matematika 2020), Rani Safrilia Fitri (Pendidikan Matematika 2021), Anlistya Mega Anasty (Pendidikan Matematika 2022), serta Andy Nova Winasis (Pendidikan Matematika (2021) telah berhasil meraih pendanaan dari Kemenristekdikti.
Mereka dibimbing oleh Bapak Adi Satrio Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Proses uji coba Augmented Reality Comic Book di SMP N 1 Selopampang Temanggung mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran dengan Augmented Reality Comic Book.
Tim PKM berharap inovasi mereka tidak hanya bisa meraih kesuksesan hingga PIMNAS, namun juga bisa memberikan manfaat kepada peserta didik dan guru serta dapat memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat untuk terus menciptakan inovasi baru demi meningkatkan kemampuan matematis peserta didik.