Inovasi Mahasiswa UNNES hadirkan FUMSITE, Pembelajaran Berbasis STEM Abad ke-21

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengembangkan inovasi pembelajaran digital bernama FUMSITE, sebuah Virtual Learning Environment interaktif berbasis konteks STEM yang terintegrasi dengan model Challenge-Based on Differentiated Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Pengembangan FUMSITE dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan inovasi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik di era Revolusi Industri 4.0. Melalui pendekatan berbasis tantangan dan integrasi konteks STEM, pendidik berperan sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik mengeksplorasi, menganalisis, dan menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

Tim pengembang terdiri atas Ananda Verry Setiawan, Fadhila Salvia Khairunnisa, Alfina Nur Arofah, dan Salma Faaza Anindya.

Mereka dibimbing langsung oleh Adi Satrio Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.

FUMSITE dirancang sebagai website pembelajaran digital yang sistematis dan saling terhubung antar laman sehingga menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan kolaboratif. Melalui FUMSITE, peserta didik dapat mengakses berbagai materi dan latihan soal berbasis konteks STEM yang dikaitkan dengan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Pada laman utama, pengguna akan menemukan beranda bertuliskan FUMSITE dengan tombol Start untuk menuju laman roadmap. Menu di sisi kanan atas mencakup FAQ yang terhubung dengan pengembang melalui Telegram, About Us yang berisi profil pengembang, serta Petunjuk Penggunaan yang menjelaskan panduan pemanfaatan fitur-fitur yang tersedia. Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik diarahkan untuk mengikuti tes gaya belajar, menulis surat motivasi (motivation letter), dan mempelajari peta konsep sebagai pengantar untuk mengenali karakteristik dan kesiapan belajar masing-masing.

Hasil tes gaya belajar digunakan sebagai dasar pembentukan kelompok belajar visual, auditori, dan kinestetik. Selanjutnya, peserta didik mengikuti kegiatan belajar yang disusun berdasarkan sintaks Challenge-Based on Differentiated Learning yang meliputi Big Idea, Essential Question, The Challenge, Guiding Resource, Guiding Question, Guiding Activity, Solution-Action, Publishing, Reflection, Rangkuman, dan Uji Kompetensi.

Pada tahap Big Idea dan Essential Question, peserta didik diajak memahami isu kontekstual bernuansa STEM yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tahap The Challenge menyajikan tantangan berbasis konteks yang harus dipecahkan secara kolaboratif. Melalui Guiding Resource, Guiding Question, dan Guiding Activity, peserta didik memperoleh arahan untuk memahami konsep penting dengan penerapan diferensiasi proses sesuai gaya belajar masing-masing.

Tahap Solution-Action memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam menyelesaikan tantangan. Hasil kerja kelompok kemudian dipresentasikan pada tahap Publishing untuk memperoleh umpan balik dari guru maupun teman sebaya. Pada tahap Reflection, pembelajaran difasilitasi melalui kuis interaktif menggunakan Quizizz untuk menilai pemahaman individu terhadap materi. Setiap kegiatan belajar diakhiri dengan rangkuman dan uji kompetensi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada kegiatan belajar ketiga diterapkan diferensiasi produk, di mana peserta didik dapat mengekspresikan hasil belajarnya dalam bentuk poster, bubble mapping, atau booklet sesuai minat dan kreativitas kelompok.

FUMSITE diterapkan pada peserta didik kelas VIII dengan guru berperan sebagai fasilitator. Pembelajaran dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu dua jam pelajaran (1 JP = 40 menit) untuk setiap pertemuan. Kegiatan belajar pertama membahas bentuk persamaan garis lurus, kegiatan belajar kedua membahas gradien, dan kegiatan belajar ketiga membahas penerapan persamaan garis lurus dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau gawai yang terhubung ke situs https://s.id/FUMSITE. Peserta didik juga dapat mengakses website tersebut secara mandiri di rumah. Guru memberikan bimbingan, memfasilitasi diskusi antarkelompok, dan memberikan umpan balik selama proses berlangsung.

Inovasi ini diharapkan dapat memperkaya praktik pembelajaran digital di sekolah serta menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran yang adaptif dan kontekstual.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.