Tim GITA (Growing Indonesia Triangular Approach) Project Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerjasama dengan Erasmus+ menyelenggarakan kegiatan HEInnovate Self-Assessment Workshop, Soft Skill Training dan Empowering Students to be Creative Entrepreneurs di Hotel Normans, Sabtu (25/8).
Rangkaian kegiatan ini merupakan dari institution action plan yang telah didiskusikan oleh Konsorsium yang melibatkan 11 Universitas di Eropa dan Indonesia pada tanggal 19 – 20 Juli di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang essential karena menjadi pondasi untuk kegiatan selanjutnya agar bisa mengimplementasikan triangular approach.
Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi (FE) Kardoyo, MPd menyampaikan, Erasmus+ adalah skema hibah yg diberikan oleh Komisi Uni Eropa kepada negara berkembang melalui University of Gloucestershire, UK sebagai project leader. 4 universitas dari Eropa dan 7 PTN dan PTS terpilih di Indonesia termasuk UNNES akan mewujudkan secara fisik growth hub di tiap institusi pendidikan tinggi yang tergabung dalam konsorsium tersebut.
“Kegiatan ini akan memberikan gambaran yang komprehensif dan spesifik tentang hal yg harus dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan capacity building sehingga ketika mereka lulus, mereka bisa berpikir inovatif dan kreatif untuk penciptaan lapangan kerja baru,” katanya.
GITA Project UNNES yang diketuai oleh Dorojatun Prihandono, PhD telah bekerja sejak di tahun bergulirnya Hibah Erasmus+ yaitu Oktober 2017 sampai tiga tahun kedepan yaitu Oktober 2020. Rangkaian kegiatan selama 3 tahun ini akan menumbuhkan jiwa, mind-set dan mental entrepreneurial bagi mahasiswa, staff dan dosen di UNNES.
Terdapat 6 fasilitator dan 2 pembicara yang mendampingi tiga rangkaian kegiatan tersebut. Pembicara pertama dalam rangkaian kegiatan ini adalah Wahyu Pamungkas, pengusaha bengkel modifikasi mobil VW dan pembuatan replica di Semarang yang berhasil menembus pasar international.
Wahyu menyampaikan tentang usahanya yang berawal dari ide kreatif dan out of the box. Ia juga mendorong mahasiswa untuk berpikir hal yang jarang dipikirkan orang lain sehingga hal itu menarik konsumen karena keistimewaan produk atau jasa yang diberikan.
Sementara itu, Direktur Utama dari PT Delta Guna Utama, Puguh Prasetyo Nugroho menyampaikan tentang profil perusahaannya dalam mengelola berbagai tantangan usaha.