Selamat dan Sukses Kepada 5 Tim yang Lolos Pendanaan KBMI 2021 dan Lolos Tahap 1 Pada ASMI 2021

Universitas Negeri Semarang > Faculty of Engineering > Fakultas Teknik > Selamat dan Sukses Kepada 5 Tim yang Lolos Pendanaan KBMI 2021 dan Lolos Tahap 1 Pada ASMI 2021
  1. MDPL Farm
    “Berawal dari Program Pendanaan sekarang Mahasiswa Teknik Menjadi Pengusaha Hidroponik Sukses”

Tim Universitas Negeri Semarang yang di Ketuai Doni Puji Laksono (Teknik Mesin), dan beranggotakan Defa Eza Fiqriyanto ( Teknik Elektro), Fahruddin ( PTIK ), Erna Emmawati (Pendidikan Ekonomi), Lintang Anugrah H.P (Ilmu Komputer) berhasil lolos kembali untuk yang ke 3 kalinya dalam ajang Kompetisi Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia atau KBMI yang diselengarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia .
Kompetisi Bisnis ini bertujuan untuk :

  • Memberikan bantuan kepada mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk
    mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing.
  • Menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran
    intelektual dari kalangan sarjana.
    Kompetisi ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di bawah bimbingan Dr. Rina Rachmawati SE,. MM.
    Doni selaku ketua dari Team MDPL Farm menghadirkan sebuah ide tentang pemonitoringan tanaman hidroponik berbasis Teknologi Internet of Things. Judul yang dibawakan tersebut berhasil Lolos pendanaan yg sebelumnya mengangkat tema Seni dalam Urban Farming melalui hidroponik dalam berhidroponik Doni tak sekedar menumbuhkan tanaman namun melalui kebun hidroponik nya ia juga membangun sekolah untuk menumbuhkan sebuah generasi Penghafal Quran melalui hasil usahanya .
    Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Dr. Wirawan Sumbodo, M.T menyambut baik dan mengapresiasi atas capaian yang telah diraih tersebut. Harapannya, tradisi berprestasi dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan sehingga memicu mahasiswa lainnya untuk berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. “Doni dkk menjadi salah satu contoh bagi mahasiswa lainnya, bahwa dalam berwirausaha mahasiswa juga dapat berkompetisi dan menghasilkan prestasi”, ujar Dr. Wirawan Sumbodo, M.T.

    2. Lydia Beauty
    “Awal Mula Merintis Usaha Jasa Bidang Kecantikan Hingga di Danai KBMI”

Lydia Beauty berhasil lolos dalam ajang Kompetisi Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia 2021. Tim dari Universitas Negeri Semarang yang di ketuai Lydia Katarina (Pend. Tata Kecantikan), dan beranggotakan Taufan Satyawiguna (Pend. Teknik Otomotif), Noviasari (Gizi), dan Afifah Tunnisa (Pend. Akuntansi). Menghadirkan sebuah bisnis dibidang jasa yang berupa salon kecantikan mencangkup perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki yang telah memenuhi standar protokol kesehatan berbasis digital marketing dan di dukung dengan sistem reservasi.

“Di era pandemi COVID-19 saat ini, terdapat beberapa kendala bahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat terkait ke khawatiran ketika hendak melakukan perawatan di salon, oleh sebab itu kami ingin agar Lydia Beauty ini menjadi pelopor salon kekinian yang berbasis teknologi, disertai inovasi dengan menerapkan standar-standar sanitasi dan hygiene yang baru dan lebih ketat untuk usaha jasa pelayanan yang ada saat ini, khususnya di bidang kecantikan” Ujar Lydia.

Melalui bimbingan Dr. Rina Rachmawati SE.,MM. Kompetisi yang di ikuti oleh seluruh perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Keberhasilan ini tentunya tak luput dari dukungan keluarga, para sahabat, dosen dan tim dari Lydia Beauty.
Lydia selaku ketua dari tim Lydia Beauty berharap, kelak dapat membuat platform khusus dibidang kecantikan, yang dapat mewadahi seluruh kegiatan jasa kecantikan di Indonesia.

  1. Hayare.id
    Hayare.id adalah usaha jasa pembuatan pakaian kebaya, baju kondangan, dan gaun pengantin. Terkhusus pada baju kondangan, individu maupun sarimbit. Merintis usaha pembuatan baju kebaya bermula pada tahun 2018, memulai memproduksi baju dengan merek atau brand sendiri dengan nama Hayare.id dengan sistem made by order yaitu terima orderan jahitan sesuai pesanan pelanggan. Dalam sistem produksi, Hayare.id bekerjasama dengan teman-teman Prodi Tata Busana. Serta dalam sistem pemasaran menggunakan media online seperti Instagram dan WhatsApp.

  2. SCIMENT (Scientific Supplement)
    SCIMENT (Scientific Supplement) merupakan suatu usaha rintisan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang sejak tahun 2017. Usaha SCIMENT (Scientific Supplement) bergerak di bidang jasa antara lain jasa desain grafis, editing layouting (jurnal, buku dan proceeding), pelatihan software (Mendeley dan CFD) dan bidang produksi seperti souvenir yang fokus dalam bidang keilmiahan. Usaha ini bertujuan untuk membantu civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dalam meningkatkan dan mengakselerasi kualitas karya tulis ilmiah mereka dengan menyertakan susunan referensi yang baik, desain, prototipe, pendukung kebutuhan publikasi dan kelengkapan lainnya yang berkaitan dengan keilmiahan. Lahirnya usaha SCIMENT (Scientific Supplement) dilatarbelakangi karena adanya peluang pasar dimana belum terdapat penyedia jasa konsultan keilmiahan. SCIMENT (Scientific Supplement) berada dibawah bimbingan bapak Dhoni Hartanto S. T., M. T. M Sc. dengan Ketua Melinia Rahmahani Putri (Teknik Kimia 2018) dan 3 Anggota antaralain Ririn Andriyani (Teknik Kimia 2018), Dyta Silvia Mayasari (Teknik Kimia 2019) dan Misbahul Hadi (Teknik Kimia 2019).

  3. Stilldie.id
    “Merintis Usaha Bidang Produksi Mahasiswa UNNES menjadi Entrepreneur Sukses”

Stilldie.id berhasil lolos dalam ajang Kompetisi Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia 2021. Tim dari Universitas Negeri Semarang yang di ketuai Adi Wahyu Arifin (Pendidikan Teknik Mesin) dan beranggotakan Artenna Dhyttya Nagara (Teknik Informatika),Nastiti Dewi Purtono (Manajemen),Rika Sulistyoningsih (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) Menghadirkan sebuah bisnis dibidang produksi lebih tepatnya produksi Kaos dan Celana ,kami telah memiliki banyak reseller dan suplier di berbagai wilayah sehingga dapat menunjang penjualan dari produk kami.Untuk langkah kedepan kami juga akan mengembangkan usaha ini dengan menambah jasa sablon agar dapat menunjang penjualan dan menarik pelanggan dari berbagai wilayah.
Dengan team “Stilldie.id” yang merupakan salah satu penerima dana Hibah KBMI 2021 kami akan lebih mengembangkan jumlah kapasitas produksi,marketing dan kualitas produk yang dihasilkan sehingga dapat bersaing dengan kompetitor yang lainnya.
Dengan Bimbingan Dr. Rina Rachmawati SE.,MM kami berhasil bersaing dengan seluruh Perguruan Tinggi Indonesia dan dapat lolos sebagai salah satu penerima dana HIBAH KBMI 2021.Keberhasilan ini tentunnya tidak luput dari dukungan keluarga,para sahabat,dosen pembimbing dan team “Stilldie.id”
Adi selaku ketua dari tim “Stilldie.id” sangat berharap kelak bisnis ini dapat berkembang dan membuka cabang offline di berbagai wilayah Indonesia sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat Indonesia.

Tim yang lolos tahap 1 ASMI 2021:
Haloservis
HaloServis ini adalah startup layanan jasa servis/perbaikan elektronik on demand, yang saat ini masih memfokuskan layanannya pada jasa servis laptop, Smartphone dan printer. HaloServis terbentuk melalui program pemerintah yaitu gerakan nasional 1000 startup digital yang oleh kominfo,
tim kami terdiri Dari
CEO : Oky Putra Pamungkas
CMO : Arindi Imanindi
CFO : Insyiraah Oxa
CTO : Edo Bagus
COO : Fazar Ramadhan

Untuk mendapatkan layanan kami dapat di akses melalui www.haloservis.com
info lebih lanjut terkait haloservis dan bagaimana haloservis bisa LOLOS di ASMI 2021 berikut merupakan PITCHING oleh tim kami Haloservis https://www.youtube.com/watch?v=5L79vsUt20U

Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa FT UNNES agar lebih semangat untuk berkarya dan berprestasi

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.