Membaca Al-Quran merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi kaum muslimin. Dalam membacanya diperlukan ilmu dan pemahaman agar makna yang terkandung tidak salah tafsir. Pembelajaran Al-Quran sendiri perlu ditanamkan dari kecil agar dapat seterusnya menjadi pondasi untuk menjalani kehidupan. Namun saat ini, serangan gadget pada anak-anak mengakibatkan minat anak untuk belajar Al-Quran semakin berkurang. Untuk itulah, Mahasiswa Tim PKM Pengabdian Masyarakat UNNES yang diketuai Diah Novianti membuat aplikasi pembelajaran Al-Quran yang interaktif dan menyenangkan.
Aplikasi yang diberi nama E-Qra ini merupakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat menarik minat siswa untuk kembali belajar Al-Quran dengan bantuan gadget. Aplikasi E-Qra berisi materi huruf hijaiyah, tajwid, waqaf, makhraj dan tanda baca Al-Quran berbasis Augmented Reality. Teknologi AR (Augemented Reality) memiliki kelebihan dalam representasi objek 3D yang menarik dan terlihat nyata secara real time dengan melibatkan interaksi pengguna serta penggunaan audio yang semakin memudahkan pengguna dalam memahami materi. Aplikasi ini juga menyajikan permainan yang mengasah kemampuan anak dalam pembelajaran Al-Quran yakni soal multipilihan dan game puzzle.
Dalam implementasinya di TPQ Istiqomah, Sekaran Gunungpati Kota Semarang, aplikasi ini dinilai mampu meningkatkan minat anak dalam belajar Al-Quran serta kemampuan pemahaman materi dengan cara yang menyenangkan. Menurut Suyono, selaku pembina TPQ Istiqomah, aplikasi ini sangat membantu dalam proses pembelajaran yang dilakukan di TPQ, karena anak-anak dapat bermain gadget secara positif dan memudahkan pemahaman terhadap materi ajar. Aplikasi ini juga membantu guru dan orang tua dalam pengalihan penggunaan gadget oleh anak-anak kearah yang lebih baik.
Dengan terciptanya aplikasi ini serta dukungan masyarakat serta dosen dan pengajar TPQ diharapkan dapat membantu bukan saja anak-anak di TPQ tapi juga seluruh kalangan warga yang membutuhkan media pembelajaran Al-Quran.