1 | Nama/Kode |
Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (S2)/ 8160403 Disesuaikan Nomenklatur Permendikbud No. 154 Tahun 2014 |
2 | Dasar Hukum |
1. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 3065/D/T/2006 tanggal 23 Agustus 2006 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (S2) pada Universitas Negeri Semarang; 2. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2153/D/T/2008 tanggal 14 Juli 2008 tentang Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pengembangan Kurikulum, Strata Dua (S2), pada Universitas Negeri Semarang. 3. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 010/BAN-PT/Ak-X/S2/VII/2012 tanggal 27 Juli 2012 Tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Magister di Perguruan Tinggi. Terakreditasi B 4. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 1713/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2018 tanggal 9 Juli 2018 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Magister di Perguruan Tinggi.. Terakreditasi B (Baik).
|
3 | Akreditasi |
Baik Sekali SK BAN PT Nomor: 2902/SK/BAN-PT/Ak/M/III/2024 tanggal 18 Juli 2023 Berlaku 19 Maret 2024 sampai 19 Maret 2029 |
4 | Gelar | Magister Pendidikan (M.Pd.) |
5 |
Deskripsi
|
Program Studi Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) adalah salah satu program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang, diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan magister pendidikan bidang pengembangan kurikulum dan teknologi pembelajaran. Lulusan dari program studi ini mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dan atau pelatihan yang bersifat dokumen (curriculum plan), mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran untuk merealisasikan kurikulum dalam suatu program pendidikan dan pelatihan (curriculum actual), dan melakukan penelitian pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam perspektif disiplin keilmuan dan praksis empirik.
|
6 |
Visi
|
Menjadi program studi yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif dalam bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang mampu berkontribusi pada upaya peningkatan kualitas sumberdaya pendidikan. |
7 | Misi |
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara berkualitas berdasarkan prinsip belajar orang dewasa dan terapan teknologi pendidikan secara berkarakter. b. Melakukan penelitian untuk mengembangkan disiplin dan praksis keilmuan dalam bidang kurikulum dan pembelajaran. c. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membantu mengatasi permasalahan kurikulum dan peningkatan kualitas pembelajaran. |
8 | Tujuan |
a. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran dengan basis kemampuan akademik yang memadai dan sekaligus berkarakter. b. Menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai peneliti bidang kurikulum dan pembelajaran. c. Memberikan layanan keahlian kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lain yang membutuhkan dalam bidang kurikulum dan pembelajaran. |
Profil | Deskripsi Profil |
Pengembang kurikulum program pendidikan dan atau pelatihan | Perancang, perekayasa, dan penilai kurikulum program pendidikan dan atau pelatihan. |
Teknolog pembelajaran | Pengembang dan pengelola sistem pembelajaran melaui penciptaan, pemanfaatan, dan pengelolaan proses, teknologi, dan aneka sumber belajar. |
Praktisi Pembelajaran | Pelaksana pembelajaran yang mengaplikasikan pendekatan, model, dan strategi secara interaktif, inovatif, inspiratif didukung dengan pendayagunaan aneka sumber belajar yang relevan. |
Peneliti bidang kurikulum dan pembelajaran | Pengkaji permasalahan kurikulum dan pembelajaran untuk pengembangan keilmuan dan praksis pedagogik serta mempublikasikan hasil-hasilnya. |
No | Kode MK | Nama MK | SKS | Semester | ||
I | II | III | ||||
1 | 20P00947 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 2 | √ | ||
2 | 20P00949 | Desain Instruksional | 2 | √ | ||
3 | 20P00949 | Desain Kurikulum | 2 | √ | ||
4 | 20P00956 | Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian | 3 | √ | ||
5 | 20P00957 | Literasi Digital Kurikulum | 2 | √ | ||
6 | 20X00009 | Dasar Teori Kurikulum | 3 | √ | ||
7 | 20P00958 | Metode Analisis Data | 2 | √ | ||
8 | 20P00960 | Inovasi Pembelajaran | 2 | √ | ||
9 | 20P00961 | Kurikulum Kontemporer | 2 | √ | ||
10 | 20P00963 | Manajemen dan Kebijakan Pengembangan Kurikulum | 2 | √ | ||
11 | 20P00966 | Implementasi Kurikulum | 2 | √ | ||
12 | 20P00968 | Evaluasi Kurikulum | 2 | √ | ||
13 | 20P00970 |
Pilihan Teknologi Pendidikan |
2 | √ | ||
20P00985 |
Pilihan Pendidikan dan Pelatihan |
2 | √ | |||
14 | 20U00026 | Tesis | 8 | √ | ||
Jumlah | 36 | 14 | 14 | 8 |