Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto : PTSL Program Sangat Strategis dan Pro Rakyat

Universitas Negeri Semarang > Universitas Negeri Semarang > News > Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto : PTSL Program Sangat Strategis dan Pro Rakyat

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Hari Selasa, 18 Oktober 2022 pada Pukul 08.45 terlaksana kegiatan Webinar “6 tahun Perjalanan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Dinamika dan Problematika Pelaksanaannya” yang diadakan oleh Klinik Pertanahan Bagian Perdata Dagang Fakultas Hukum UNNES.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, yang dihadiri oleh Pimpinan, Dosen, Tendik, Mahasiswa Fakultas Hukum UNNES dan dibuka oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES Prof Dr Zaenuri Mastur SE MSi Akt.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Bapak Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sebagai Keynote Speech dan sebagai pemateri Bapak Dwi Purnama, S. H., M. Kn Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah dan Bapak Dr. Suhadi, S.H, M.Si Ketua Klinik Pertanahan Fakultas Hukum UNNES.

Demi mewujudkan terdaftarnya seluruh bidang tanah di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjalankan Program Strategis Nasional (PSN) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini telah terbukti berhasil meningkatkan jumlah tanah terdaftar secara signifikan sehingga memberi manfaat untuk masyarakat.

“Program PTSL ini adalah program yang sangat strategis, program yang pro rakyat, program yang benar-benar melindungi rakyat, program yang memberi kepastian hukum pada rakyat,” tegas Bapak Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto.

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan, sebelum adanya PTSL, Kementerian ATR/BPN rata-rata hanya mampu mendaftarkan kurang lebih 500.000 bidang pertahunnya, sehingga cita-cita mendaftarkan seluruh bidang tanah baru akan selesai 160 tahun lagi. “Oleh karena itu dengan PTSL, sisa 80 juta bidang tanah (di tahun 2015, red) kita selesaikan di tahun 2025,” tutur Hadi Tjahjanto. 

Paparan dilanjutkan oleh Bapak Dwi Purnama SH MKn Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah dengan materi Perjalanan pendaftaran tanah Sistematis lengkap (PTSL) Dinamika dan problematika pelaksanaannya. Kemudian Bapak Dr. Suhadi, S.H, M.Si Ketua Klinik Pertanahan Fakultas Hukum UNNES dengan materi Pendaftaran Tanah Berkelanjutan Perspektif Politik Hukum : Refleksi  6 Tahun Pelaksanaan PTSL.

Acara webinar sangat komunikatif karena mahasiswa / peserta aktif terlibat tanya jawab dengan pembicara secara langsung melalui virtual meeting yang dimoderatori Ibu Rofi Wahanisa SH MH.

Video selengkapnya bisa dilihat di channel youtube FH UNNES.

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy