Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bertempat di SMP Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang, FBS UNNES menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimodal Literacy” pada Selasa, (17/06/2025).
Kegiatan ini diikuti oleh para guru Bahasa Inggris jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Semarang, dengan tujuan untuk membekali guru dalam merancang dan mengimplementasikan materi ajar berbasis multimodal. Pendekatan ini menggabungkan unsur visual, verbal, audio, dan gestural dalam proses pembelajaran, sehingga mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi siswa generasi saat ini.
Empat dosen FBS UNNES hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, yaitu: Dr. Novia Trisanti, S.Pd., M.Pd. yang memaparkan strategi integrasi multimodal dalam rencana pembelajaran, Henrikus Joko Y., S.S., M.Hum., Ph.D. yang membahas pemanfaatan puisi sebagai mode verbal dan gestural.
Sementara itu, Daud Jiwandono, S.Pd., M.A., M.Pd. yang mengulas pemanfaatan teknologi dalam menciptakan materi visual dan audio, dan Almira Irwaniyanti, U., S.Hum., M.Li. yang menjelaskan pendekatan dalam menghadapi berbagai genre teks.
Para peserta diajak untuk merefleksikan praktik pembelajaran di kelas serta mengeksplorasi potensi literasi multimodal sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Kegiatan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas, yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat bagi semua.
Melalui kegiatan ini, FBS UNNES menegaskan peran aktifnya dalam mendukung inovasi pendidikan dan pengembangan profesional guru, sekaligus memperkuat kontribusi nyata perguruan tinggi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.




