EPIC 2025 FIPP UNNES: Menggali Transformasi Kesejahteraan Lintas Generasi

Isu krusial tentang kesejahteraan lintas generasi menjadi sorotan utama dalam gelaran Education and Psychology International Conference (EPIC) 2025 di Hotel Grasia Semarang, Rabu, 16 Juli 2025. Konferensi internasional perdana tersebut diinisiasi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Sekretaris UNNES, Prof. Dr. Sugianto, M.Si., secara resmi membuka EPIC 2025 yang mengusung tema “Transforming Wellbeing across Generations: Empowering Communities through Digital, Educational, and Psychological Perspectives.”

Ketua panitia, Dr. Decky Avrilianda, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa konferensi ini digelar secara hibrida, memungkinkan partisipasi luas dari para pakar. Ia menyebut, 141 peneliti dari berbagai perguruan tinggi turut serta. Mereka membahas bagaimana perspektif digital, pendidikan, dan psikologi dapat menjadi kunci pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan.

Topik tersebut, kata Decky, dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya poin 3 tentang kesehatan dan kesejahteraan dan poin 4 tentang pendidikan berkualitas.

Dekan FIPP UNNES, Prof. Edy Purwanto, M.Si., dalam sambutannya menekankan relevansi topik kesejahteraan, terutama di tengah maraknya fenomena bunuh diri di kalangan pelajar. “Saya harap konferensi ini bisa jadi ajang berbagi pengetahuan dan meningkatkan skill dalam mempromosikan wellbeing,” ujarnya.

EPIC 2025 menghadirkan empat narasumber terkemuka yang berbagi wawasan dan riset terbaru mereka. Assoc. Prof. dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D. dari Universiti Brunei Darussalam, menyoroti “The Neuroscience of Leadership in Nurturing Generational Well-Being.” Ia mengemukakan bahwa neuroleadership, yang berdasar pada otak dan perilaku, adalah seni menggerakkan orang menuju tujuan, inovasi, dan kemajuan.

Dokter Edmi juga memaparkan kerangka kerja yang menghubungkan aspek kepemimpinan, fungsi kognisi, pemetaan otak (EEG), dan neurofeedback, menekankan perlunya pendekatan bebas bias dalam memahami perilaku manusia. Risetnya tentang “Faking Good Among Porn-Addicted Adolescents” juga menyoroti peran Frontal Lobe dan Limbic System.

Sementara itu, Dr. Felix Why, Dosen Senior di Worcester University, mempresentasikan “Sistem 1 untuk Perubahan Perilaku Kesehatan.” Ia menjelaskan perbedaan antara jalur perubahan perilaku Sistem 1 (tidak sadar, otomatis) dan Sistem 2 (sadar, terkontrol). Intervensi “nudge” yang memanfaatkan Sistem 1, seperti penempatan pilihan sehat yang lebih mudah dijangkau atau opsi default yang sehat, terbukti makin efektif dan penting, terutama di era media sosial dan fenomena Flynn Effect Terbalik (penurunan kecerdasan).

Prof. Lindsay Oades, dari The University of Melbourne, memperkenalkan konsep Literasi Kesejahteraan (Wellbeing Literacy). Ia mendefinisikannya sebagai kemampuan memahami dan menyusun bahasa kesejahteraan untuk menjaga atau meningkatkan kesejahteraan diri sendiri, orang lain, atau dunia. Model Kapabilitas Literasi Kesejahteraan yang ia kembangkan meliputi kosakata, pemahaman, komposisi, kesadaran konteks, dan intensionalitas untuk kesejahteraan. Penelitian awal menunjukkan bahwa literasi kesejahteraan merupakan konstruk yang berbeda dan memiliki varians unik.

Adapun Prof. Dr. Awalya, M.Pd., Kons., Guru Besar Manajemen Bimbingan dan Konseling UNNES, membahas kesejahteraan guru sebagai pusat keberhasilan kualitas pendidikan. Ia menyoroti temuan riset di 48 SMA di Jawa Tengah (2022-2024) yang menunjukkan kesejahteraan guru tidak secara langsung memengaruhi skor literasi dan numerasi siswa, namun memiliki efek tidak langsung melalui pengembangan karakter siswa. Selain itu, kesejahteraan guru berdampak langsung pada metode pengajaran, manajemen kelas, dan dukungan psikologis, menekankan pentingnya sistem pendukung dan program pengembangan profesional untuk guru.

Konferensi ini diharapkan menjadi landasan penting bagi pengembangan strategi dan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan di berbagai lapisan masyarakat, dengan mempertimbangkan dinamika lintas generasi di era digital.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

Who we are

Our website address is: https://unnes.ac.id.

Comments

When visitors leave comments on the site we collect the data shown in the comments form, and also the visitor’s IP address and browser user agent string to help spam detection.

An anonymized string created from your email address (also called a hash) may be provided to the Gravatar service to see if you are using it. The Gravatar service privacy policy is available here: https://automattic.com/privacy/. After approval of your comment, your profile picture is visible to the public in the context of your comment.

Media

If you upload images to the website, you should avoid uploading images with embedded location data (EXIF GPS) included. Visitors to the website can download and extract any location data from images on the website.

Cookies

If you leave a comment on our site you may opt-in to saving your name, email address and website in cookies. These are for your convenience so that you do not have to fill in your details again when you leave another comment. These cookies will last for one year.

If you visit our login page, we will set a temporary cookie to determine if your browser accepts cookies. This cookie contains no personal data and is discarded when you close your browser.

When you log in, we will also set up several cookies to save your login information and your screen display choices. Login cookies last for two days, and screen options cookies last for a year. If you select “Remember Me”, your login will persist for two weeks. If you log out of your account, the login cookies will be removed.

If you edit or publish an article, an additional cookie will be saved in your browser. This cookie includes no personal data and simply indicates the post ID of the article you just edited. It expires after 1 day.

Embedded content from other websites

Articles on this site may include embedded content (e.g. videos, images, articles, etc.). Embedded content from other websites behaves in the exact same way as if the visitor has visited the other website.

These websites may collect data about you, use cookies, embed additional third-party tracking, and monitor your interaction with that embedded content, including tracking your interaction with the embedded content if you have an account and are logged in to that website.

Who we share your data with

If you request a password reset, your IP address will be included in the reset email.

How long we retain your data

If you leave a comment, the comment and its metadata are retained indefinitely. This is so we can recognize and approve any follow-up comments automatically instead of holding them in a moderation queue.

For users that register on our website (if any), we also store the personal information they provide in their user profile. All users can see, edit, or delete their personal information at any time (except they cannot change their username). Website administrators can also see and edit that information.

What rights you have over your data

If you have an account on this site, or have left comments, you can request to receive an exported file of the personal data we hold about you, including any data you have provided to us. You can also request that we erase any personal data we hold about you. This does not include any data we are obliged to keep for administrative, legal, or security purposes.

Where your data is sent

Visitor comments may be checked through an automated spam detection service.