Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) terus berkomitmen mendorong inovasi dalam penulisan akademik dan literasi digital melalui dukungannya terhadap kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Model Pembelajaran Academic Writing Berbahasa Inggris Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa.”
Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (21/6/2025) di Hotel Grasia, Semarang, tersebut dihadiri oleh dosen dan peserta dari berbagai fakultas di UNNES yang memiliki ketertarikan terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi kecerdasan buatan. Hadir sebagai narasumber utama dalam FGD ini, dua dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNNES, yakni Dr. Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D. dan Woro Apriliana Sari, S.Psi., M.Si.
Meski kedua narasumber berasal dari FIPP, topik yang diangkat memiliki keterkaitan erat dengan visi dan misi FBS UNNES, terutama dalam meningkatkan kualitas penulisan akademik mahasiswa pascasarjana berbahasa Inggris. Kegiatan ini menjadi wadah kolaboratif untuk merancang dan mengimplementasikan model pembelajaran yang tidak hanya memanfaatkan AI, tetapi juga mendorong kemandirian belajar, produktivitas riset, serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Diskusi berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 13.00 WIB, dan menghasilkan sejumlah gagasan penting untuk penguatan transformasi digital dalam pendidikan tinggi serta pengembangan pembelajaran bahasa berbasis teknologi mutakhir.
Kegiatan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yaitu pendidikan berkualitas, yang menekankan pentingnya pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan berbasis teknologi. FBS UNNES terus menunjukkan kiprahnya dalam mendukung pemanfaatan AI secara etis, kreatif, dan bertanggung jawab di ranah akademik, guna menghasilkan lulusan yang adaptif dan unggul di era digital.




